Bersantai Di Taman Arong'k Belopa Kota Sanggau

 Pancurajipost.com - Taman Arong'k Belopa adalah taman di jantung Kota Sanggau yang dibangun pada tahun 2022 lalu. Taman ini menjadi salah satu taman yang selalu ramai dikunjungi ketika sore hari sampai malam.

Hal yang menarik perhatian warga Kota Sanggau di Taman Arong'k Belopa adalah kolam air mancur yang menyemburkan air disekeliling Patung Bung Karno di malam hari yang disorot dengan lampu lampu terang, membuat suasana malam semakin indah.

Taman Arong'k Belopa Kota Sanggau Foto
Taman Arong'k Belopa Kota Sanggau

Alamat Taman Arong'k Belopa Kota Sanggau

Taman Arong'k Belopa beralamatkan di Jalan Raya Jend. Sudirman Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.
Kodepost Taman Arong'k Belopa : 78516
No telpon Taman Arong'k Belopa : -

Google Map Taman Arong'k Belopa


Jalur Transportasi menuju Taman Arong'k Belopa

Geser gambar untuk melihat depan Taman Arong'k Belopa Kota Sanggau

Taman Arong'k Belopa tepat berada di seberang Pengadilan Negeri Sanggau Kelas II dan POLSEK Kapuas.

Dari Kantor Bupati Sanggau ke Taman Arong'k Belopa hanya berjarak sekitar 250 meter saja atau 2 menit jalan kaki santai.

Sedangkan dari Kawasan Istana Surya Negara Sanggau ke Taman Arong'k Belopa hanya berjarak sekitar 1.5 Km atau sekitar 6 menit berkendara menggunakan roda dua dan roda empat.

Apa yang menarik di Taman Arong'k Belopa

1. Patung di Taman

Patung Ir. Soekarno dan Patung Dayak Melayu di Taman Arong'k Belopa Kota Sanggau Foto
Foto Patung Ir. Soekarno dan Patung Dayak Melayu di Taman Arong'k Belopa Kota Sanggau 
Hal yang menarik di Taman Arong'k Belopa adalah terdapat Tiga Patung yaitu ditengah Patung Presiden Pertama Ir. Soekarno, Samping kanan dan kiri adalah Patung Suku Dayak dengan ciri khas memegang mandau dan tameng sera Patung Suku Melayu dengan ciri khas peci dan memegang keris khas Istana Surya Negara.

Makna Tiga Patung di Taman Arong'k Belopa

Patung Ir Soekarno melambangkan semangat perjuangan masyarakat sanggau serta Ir. Soekarno yang selalu memegang teguh PANCASILA sebagai perwujutan Kabupaten Sanggau yang memegang teguh PANCASILA serta menjunjung tinggi nilai dan menghormati adat, suku, agama, budaya sebagai Kota BUDIMAN (Berbudaya dan Beriman) yang tertuang dalam 7 Brand Image Sanggau no.7.

Patung Dayak dan Melayu melambangkan mayoritas suku di Kabupaten Sangau yang merupakan Suku Melayu dan Dayak.

2. Kolam Air Mancur

Keindahan Kolam Air Mancur Malam di Taman Arong'k Belopa
Keindahan Kolam Air Mancur Malam di Taman Arong'k Belopa
Pada 3 patung di Taman Arong'k Belopa  dilengkapi dengan Kolam Air Mancur yang dinyalakan ketika jam jam tertentu atau sekitar malam hari.

Masyarakat kota ketika malam hari dimanjakan dengan keindahan air mancur butan ini yang tak henti hentinya melik liuk dan bergoyang ditemani sorotan lampu menambah keindahan di area Taman Arong'k Belopa.

3. Jajanan Kaki Lima

Kuliner di Taman Arong'k Belopa
Kuliner di Taman Arong'k Belopa
Pemerintah Kabupaten Sanggau sangat sadar, dibangunnya tempat tepat yang menarik akan meningkatkan kesejahteraan pelaku ekonomi, terutama para pedagang kecil di sekitar Kota Sanggau.

Berderet makanan dan minuman pedagang gerobak keliling menghiasi area taman berupa siomai, batagor, jualan mainan anak anak, dan lain lain yang selalu ramai dan diserbu pengunjung.

4. Tempat Bersantai

Tempat Bersantai di Taman Arong'k Belopa Foto
Tempat Bersantai di Taman Arong'k Belopa Foto
Anda akan merasakan penuh sesak ketika sore hari sampai malam di Taman Arong'k Belopa. Kebanyakan dari mereka berfoto fofo, ada yang duduk santai dibundaran 3 patung, ada yang bermain sepeda listrik dan lain lain.

Taman Arong'k Belopa merupakan area publik ke dua setelah Taman Sabang Merah yang ramai dikunjung warga kota dan para pengunjung yang melintasinya. 

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Taman Arong'k Belopa

Berapa tarif masuk ke Taman Arong'k Belopa?
Taman Arong'k Belopa area publik jadi tidak ada beban tiket masuk.

Apakah ada MCK di Taman Arong'k Belopa?
Taman Arong'k Belopa belum neyediakan MCK, namun jika anda memiliki keperluan MCK bisa numpang di area rumah rumah  makan yang dekat dengan Taman Arong'k Belopa.

Kapan dibanggunya Taman Arong'k Belopa?
Taman Arong'k Belopa dibangun sekitar tahun 2022

Kapan waktu yang tepat berkunjung ke Taman Arong'k Belopa?
Waktu yang tepat ke Taman Arong'k Belopa ketika sore hari sampai malam, karena untuk menghindari panasnya sinar matahari selain itu untuk menikmati air mancurnya, bisa dilihat di malam hari.

Di sekitar Taman Arong'k Belopa ada apa saja?
Disekitar Taman Arong'k Belopa terdapat Gedung Pertemuan Umum yang biasa untuk menyelenggarakan even besar seperti wedding, acara pemerintahan dan swasta, juga terdapat Gor Indor Balai Betomu yang biasa menyelengarakan even olahraga, indomaret, percetakan pelangi, ATM Bank BRI dan lain lain.
YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Bersantai Di Taman Arong'k Belopa Kota Sanggau"