Keindahan Puncak Bukit Batu Ninikng' - Desa Bumbun, Mempawah, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Bukit Batu Ninikng’ adalah kawasan perbukitan di Desa Bumbun yang memiliki bentangan keindahan alam yang indah. Kawasan ini merupakan salah satu objek wisata alam andalan Desa yang telah dikelola oleh POKDARWIS Rajak Binua Bumu’tn sejak 11 November 2020.

Kawasan hutan yang disulap menjadi objek wisata akan berdampak positif pada kelangsungan hutan agar tetap terjaga. Maraknya alih fungsi hutan menjadi perkebunan sawit tidak bisa terelakan karena tuntutan ekonomi.

Keindahan Puncak Bukit Batu Ninikng'
Keindahan Puncak Bukit Batu Ninikng' Foto (Andreas Andre)

Kita tidak bisa menyalahkan siapa siapa, namun kita harus menyiapkan solusi bagaimana hutan tetap lestari tapi ekonomi masyarakat jalan terus. 

Solusi yang tepat dan sangat bagus dicontohkan oleh Desa Bumbun yang memberikan suport kepada masyarakat dengan cara menerbitkan SK pembentukan POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) untuk pengelolaan Bukit Batu Ninikng’ menjadi Objek Wisata Alam yang bisa mendatangkan uang bagi masyarakat Desa Bumbun.

Hal ini dibuktikan dengan diterbitkannya Piagam Penghargaan, sebagai Desa Wisata Binaan Kemenparekfraf RI dalam ADWI (Anugerah Desa Wisata Indonesia) 2023 oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.

Ada sekitar 2 spot yang menarik di Bukit Batu Ninikng' yaitu spot bebatuan yang menyerupai dinding raksasa serta puncak Bukit Batu Ninikng' dengan panorama sunset dan view pemandangan alam. 

Lokasi ini juga sangat cocok untuk para pendaki pemula yang ingin berlatih mendaki dengan medan yang tidak terlalu sulit karena jalur yang dilalui melalui jalan tikus tanah dan berbatu, sehinga jika hujan tiba akan licin dan menjadi tantangan tersendiri dalam mendaki.

Alamat bukit Batu Ninikng’

Bukit Batu Ninikng’ beralamatkan di RT.01/RW.01, Bunbun, Kec. Sadaniang, Kab. Mempawah, Kalimantan Barat. (Alamat POKDARWIS Rajak Binua Bumu’tn)

Kodepost Bukit Batu Ninikng’: 78361

No telpon Bukit Batu Ninikng’:085157570896 (POKDARWIS Rajak Binua Bumu’tn)

Email POKDARWIS Rajak Binua Bumu’tn, Bukit Batu Ninikng’: rajakbinuabumutn@gmail.com

Google Map Bukit Batu Ninikng’

Jalur Transportasi menuju Bukit Batu Ninikng’

Gerbang Wisata Alam Bukit Batu Ninikng
Gerbang Wisata Alam Bukit Batu Ninikng Foto (Andreas Andre)
Bukit Batu Ninikng' berada di perbukitan dan berada pada perbatasan Desa Bumbun dan Desa Amawang dengan Titik Koordinat atau geospasial Wisata Alam Bukit Batu Ninikng' 0.547250,109.122499

Dari Kantor Desa Bumbun ke Puncak Bukit Batu Ninikng' sekitar 4 km saja. sedangkan dari Pintu Gerbang Wisata Alam Bukit Batu Ninikng' menuju puncak bukit hanya sekitar 2 km berjalan kaki menuju puncak dengan waktu sekitar 2 jam lebih tergantung kekuatan nafas anda, atau jika tidak ingin capek bisa sewa ojek ke lokasi kaki bukit dan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 1 jam saja.

Sedangkan Dari Pusat Kota Mempawah atau Tugu Patung Pak Tani Mempawah atau Taman Mempawah menuju Bukit Batu Ninikng' jaraknya hanya 38.6 Km atau sekitar 1 jam 15 menit berkendara menggunakan kendaraan roda dua dan empat.

Apa yang menarik di bukit Batu Ninikng’

1. Batu Ninikng’

Geser gambar untuk melihat sekeliling Batu Ninikng'
Dikawasan bukit terdapat dua spot yang bisa anda nikmati diantaranya spot pertama yaitu Batu Ninikng’ itu sendiri.

Kata Ninikng’ adalah kata dari bahasa Dayak Kanayatn’ yang berarti dinding sehingga Batu Ninikng’ adalah bebatuan mirip dinding raksasa yang keras dan hitam.

Degan tinggi dinding batu sekitar 20 meter lebih serta panjang dinding batu sekitar 300 meter, Batu Ninikng’ menjadi maha karya sang Pencipa yang mengagumkan. Pesona batu ini memberikan hawa sejuk, dingin, gelap serta menyenangkan.

Wisata Alam Batu Ninikng'
Wisata Alam Batu Ninikng' Foto (Andreas Andre)

Pengunjung bisa mengabadikan momen di Batu Ninikng’ ini dengan berfoto, beristirahat sambil melihat sekeliling dinding bebatuan yang ditumbuhi pepohonan besar serta akar akar pohon yang menjulam kebawah.

Pepohonan disekitar bebatuan bisa dimanfaatkan untuk Hammock, anda bisa tidur santai melepas lelah sambil menikmati pancaran hawa dingin Batu Ninikng'.

2. Puncak Bukit Batu Ninikng'

Geser gambar untuk melihat sekeliling Puncak Bukit Batu Ninikng'

Spot kedua yaitu menuju ke Puncak bukit yang jaraknya dari spot pertama sekitar 170 meter. Dengan ketinggain sekitar dibawah 500 Mdpl, Bentangan alam Desa Bumbun terlihat jelas di Puncak Bukit Batu Ninikng'. Anda akan melihat birunya perbukitan dari kejauhan.

a. Menara Doraemon

Diatas puncak telah terbangun menara doraemon yang terbuat dari bahan kayu dan bambu namun sangat kokoh.
Menara di Puncak Bukit Batu Ninikng'
Menara di Puncak Bukit Batu Ninikng' Foto (Andreas Andre)
Diatas menara terlihat seperti ada pintu ajaib yang bisa kemana saja. Pintu ini terbuat dari batang pohon dibuat seperti pintu yang berfungsi menambah keindahan serta untuk pegangan para pengunjung yang ingin berdiri di menara doraemon.

b. Hammock

Anda juga bisa melakukan kegiatan Hammock di area Puncak Bukit Batu Ninikng', terdapat pepohonan lurus yang bisa anda gunakan sambil memandang luas perbukitan ditemani secangkir kopi hangat, sungguh indah dunia ini.

c. Camping

Area Puncak Bukit Batu Ninikng' juga menjadi pilihan tepat untuk anda pecinta alam terbuka, menginap diatas bukit dengan view pemandangan Desa dan perbukitan
Puncak Bukit Batu Ninikng'
Puncak Bukit Batu Ninikng' Foto (Dicahasti)
Momen yang ditunggu tunggu ketika pagi hari, hamparan awan putih menutupi Desa Bumbun, dan perbukiitan, seolah olah anda berada di negeri diatas awan. Keindahannya tak akan terlupakan.

Hembusan angin yang mesra membisikan daun telinga serta membelai rambut panjang anda, menjadikan suasana alam puncak yang dingin menjadi semakin menyenangkan dengan hadirnya kopi yang menghangatkan jiwa.

d. Sunset

Sunset di Puncak Bukit Batu Ninikng'
Sunset di Puncak Bukit Batu Ninikng' Foto (Natalia)
Terlihat jelas cakrawala sunset sore hari yang memberikan keindahan alam Bumbun, yang menimbulkan dercak kagum akan keindahan alam Negeriku.

Semilir angin, sejuknya bukit, serta suara suara binatang kecil di hutan selalu menemani langkah ini di Puncak Bukit Batu Ninikng'. Bersatu dengan alam yang menenangkan jiwa, membuat hati tentram akan lukisan Indah yang terbentang di Pucak bukit ini.

3. Wisata Pendakian

 Puncak Bukit Batu Ninikng' menjadi area yang menarik untuk anda yang ingin berwisata sambil berolahraga. 

Area jalur trak yang mudah dan menanjak menjadikan lokasi faorit para pecinta wisata pendakian bagi pemula.

4. Wisata Penelitian

Akar pepohonan di Bukit Batu Ninikng'
Akar pepohonan di Bukit Batu Ninikng'
Di spot Batu Ninikng’ dan Puncak memiliki berbagai flora dan fauna yang bisa dijadikan wisata penelitian.

Pepohonan langka akan banyak anda jumpai di bukit ini, akar akar pohon yang menjulang tinggi, pepohonan yang tumbuh di atas bebatuan, burung burung langka ada disini.

Potendi Desa Mumbun

Persawahan dan Perbukitan di Desa Bumbun
Persawahan dan Perbukitan di Desa Bumbun Foto (Andreas Andre)
Selain wisata alam Bukit Batu Ninikng', Desa Bumbun juga memiliki potensi alam lainnya yang tak kalah menarik diantaranya Embung Desa yang tidak jauh dari pintu masuk menuju Bukit Batu Ninikng'.

Potensi ini bisa dikembangkan menjadi wisata mancing yang bisa menyedot para wisatawan lebih luas selain wisata alam Bukit Batu Ninikng'.

Disekitar Embung terdapat hamparan sawah yang luas juga dimiliki oleh Desa Bumbun. Keindahan ini bisa anda nikmati, apalagi jika diberi jalan yang rapi dan lurus, disertai gazebo gazebo, selain bisa untuk lalu lintas para petani juga untuk menambah keindahan area persawahan sehigga para turis berbondong bondong ke area persawahan ini. Sungguh potensi yang mengagumkan di Desa Bumbun.

Pertanyaan yang sering diajukan di Bukit Batu Ninikng' 

Berapa tarif masuk ke Bukit Batu Ninikng' ?

Untuk harga tiket masuk beserta tourgude Pokdarwis Rajak Binua Bumu’tn bisa menghubungi nomor yang terdapat diatas.

Apakah sudah ada MCK di Bukit Batu Ninikng'?

Belum tersedia MCK di Bukit Batu Ninikng', Namun kedepan akan difikirkan pengelola.

Bagaimana cara berkunjung ke Bukit Batu Ninikng' ?

Bukit Batu Ninikng' di kelola oleh Pokdarwis Rajak Binua Bumu’tn, sehingga anda harus bertemu Pokdarwis terlebih dahulu, tidak boleh sembarangan masuk. Membayar tiket masuk, sebagai wujud dukungan kepada Desa Bumbun untuk pelestarian hutan dan alam sekitar. ingat prinsip wisata "Kedatangan anda membawa berkah".

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Keindahan Puncak Bukit Batu Ninikng' - Desa Bumbun, Mempawah, Kalimantan Barat"