Melihat PLBN Jagoi Babang, Garda Terdepan Batas Negara

 Pacurajipost.com - PLBN Jagoi Babang atau JAGOI BABANG BORDER POST adalah pos pemeriksaan barang dan masyarakat yang ingin ke Negara Malaysia atau dari Negara Malaysia ke Negara Indonesia melalui Kabupaten Bengkayang, Kalimanan Barat.

PLBN Jagoi Babang, Garda Terdepan Batas Negara
PLBN Jagoi Babang, Garda Terdepan Batas Negara Foto (Sandy Sandjaya)

PLBN Jagoi Babang sebagai garda terdepan yang mencerminkan kedaulatan Negara Indonesia sehingga berdasarkan Inpres Nomor 1 Tahun 2019 tentang Percepatan pembangunan 11 (sebelas) Pos lintas Batas Negara Terpadu dan Sarana Prasarana Penunjang Di Kawasan Perbatasan maka dibangunlah PLBN Jagoi Babang yang pembangunannya dimulai pada bulan November 2020 dengan anggaran bersumber APBN tahun 2020-2022 (MYC) sebesar Rp209,14 miliar (Sumber : Kementrian PUPR).

Berdasarkan Inpres Nomor 1 Tahun 2019 tersebut telah terlebih dahulu dibangun dan diresmikan Oleh Presiden Joko Widodo diantaranya wilayah Kalbar : PLBN Entikong di Sanggau, PLBN Aruk di Sambas, PLBN Nanga Badau di Kapus Hulu.

Alamat PLBN Jagoi Babang

PLBN Jagoi Babang beralamatkan di Jl. Dwikora, Desa Lhi Buie, Kecamatan Siding, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Kodepost PLBN Jagoi Babang : 79286

No telpon PLBN Jagoi Babang : -

Google Map PLBN Jagoi Babang

Jalur Transportasi menuju PLBN Jagoi Babang

PLBN Jagoi Babang berada tidak jauh dari Kantor Desa Jagoi yang jaraknya hanya 3.8 Km atau sekitar 10 menit berkendara.

Dari Arah Kota Bengkayang atau Tugu Simpang Tiga ke PLBN Jagoi Babang hanya sekitar 96.4 Km atau sekitar 2 jam 5 menit perjalanan menggunakan kendaraan roda dua dan empat.

Apa saja yang menarik di PLBN Jagoi Babang

PLBN Jagoi Babang menjadi sumber ekonomi baru yang dapat meningkatkan perekonomian terutama di kawasan perbatasan. 

1. Pasar Serikin

Geser gambr untuk melihat sekeliling Pasar Serikin
Sebelum PLBN Jagoi Babang dibangun, Masyarakat perbatasan terbiasa dengan jual beli di perbatasan oleh masyarakat dari Malaysia maupun di Indonesia dicerminkan dengan aktifias Pasar Serikin yang menjadi salah satu pasar rakyat unik perbatasan Indonesia-Malaysia. 

Walaupun pasar Serikin masuk di kawasan Serawak, Malaysia, namun 90 persen pedagang di pasar ini berasal dari Kalimantan Barat, Indonesia dinataranya Bengkayang, Pontianak, Mempawah, Kubu Raya, Sanggau, Sekadau, Sintang dan daerah lainnya.
 
Sedangkan Para pedagang Malaysia menempati ruko yang berada tidak jauh dari lokasi pasar ini. Hal yang menarik adalah mayoritas pembeli justru kebanyakan berasal dari masyarakat Malaysia.

Untuk mencapai pasar Serikin, masyarakat Malaysia hanya membutuhkan waktu 1.5 jam dari Kuching.

Aktifitas Pasar Serikin terjadi ketika hari hari tertentu yaitu pada hari jumat, sabtu dan minggu, sehingga masyarakat Malaysia sering menyebutnya sebagai  "WEEKEND SERIKIN MARKET" dengan menjual barang-barang kebutuhan alat alat dapur, Aneka baju, hasil kerajinan Indonesia berupa topi petani/tudung, ciri/penumbuk bumbu, souvenir Dayak berupa kalung, gelang, pakaian adat dan masih banyak lagi.
Pasar Serikin di kawasan Serawak
Pasar Serikin di kawasan Serawak - Malaysia
Dari Pintu masuk PLBN Jagoi Babang menuju Pasar Serikin Malaysia hanya sekitar 4.8 Km atau sekitar 10 menit berkendara.

Hal ini yang menandakan bahwa Masyarakat Indonesia dan Malaysia di Area Perbatasan PLBN Jagoi Babang memiliki hubungan saudara yang kuat.

2. PLBN Jagoi Babang

Fasilitas di PLBN Jagoi Babang
Fasilitas di PLBN Jagoi Babang
PLBN Jagoi Babang memiliki beberapa bangian diantaranya bagian Utama bangunan PLBN, Wisma Indonesia, Mes Pegawai, Masjid, Mini Terminal, Pasar, dan Kapel.

a. Bangunan Utama PLBN

Bangunan Utama PLBN Jagoi Babang
Bangunan Utama PLBN Jagoi Babang
Pada Bangunan Utama PLBN Jagoi Babang terdapat ciri khas lambang Negara Indonesia yaitu berdiri Patung Garuda yang berada di Pintu masuk bangunan.

Bagian dalam Bangunan Utama PLBN Jagoi Babang
Bagian dalam Bangunan Utama PLBN Jagoi Babang untuk Pemeriksaan.
Pada bagian dalam terdapat sekat sekat berbentuk kaca yang berfungsi untuk area pemeriksaan pasport serta lalu lintas masyarakat dari dan ke Malaysia.

Pada sisi bangunn terdapat toilet yang bersih dengan WC duduk sehingga bagunan ini di desain mirip hotel berbintang, bersih, minimlis dan gagah.

b. Wisma Indonesia

Wisma Indonesia, PLBN Jagoi Babang
Wisma Indonesia, PLBN Jagoi Babang
Wisma Indonesia berfungsi sebagai tempat penginapan umum untuk para pengunjung yang ingin meginap di area PLBN Jagoi Babang, dengan fasilits berkelas hotel berbintang. 

Bangunan ini mirip dengan rumah adat Dayak dengan arsitektur modern namun tidak mengesampingkan unsur budaya yang memang sangat erat kaitannya Masyarakat perbatasan dengan Malaysia.

c. Mes Pegawai

Mes Pegawai, PLBN Jagoi Babang
Mes Pegawai, PLBN Jagoi Babang
Mes Pegawai difungsikan untuk mengiap para staf yang bertugas selama di Mes Pegawai, PLBN Jagoi Babang, sehingga mempermudah kesiapan para petugas dalam melayani dengan super baik di perbatasan sebagai cermin Masyarakat Indonesia Perbatasan yang ramah dan menjunjung adat kesopanan dan nilai luhur kakek moyang.

d. Masjid

Masjid di PLBN Jagoi Babang
Masjid di PLBN Jagoi Babang
Bentuk Masjid di PLBN Jagoi Babang cukup unik sangat berbeda dengan masjid-masjid pada umumnya. 

Namun, Persamaan Mesjid pada Menara yang diatasnya terdapat pengeras suara/toa yang berfungsi untuk mengumandangkan suara azan, agar para pegawai, para pengunjung yang beragama Muslim bisa melaksanakan Ibadah tepat waktu di area PLBN Jagoi Babang.

e. Mini Terminal

Mini Terminal di PLBN Jagoi Babang
Mini Terminal di PLBN Jagoi Babang
Mini Terminal di PLBN Jagoi Babang memiliki fungsi yang cukup penting untuk area pemeriksaan kendaraan yang akan masuk ke Negara Malaysia.

Di Area ini juga sebagai tempat pemberhentian angkutan umum yang mengantarkan para penumpang yang akan masuk ke Malaysia dan masih banyak lagi.Mini Terminal ini berada di samping bangunan Pasar.

f. Pasar

Pasar di PLBN Jagoi Babang
Pasar di PLBN Jagoi Babang
Untuk meningkatkan perekonomian Masyarakat Perbatasan, Dibangun area pasar yang cukup mewah dengan konsep bangunan seperti Rumah Adat.

Dengan adanya Pasar ini akan memudahkan para wisatawan dari Malaysia yang ingin membeli produk dari Indonesia yang terkenal murah dan berkualitas.

Pasar ini akan digadang gadang sebagai pendongkrak perekonomin khususnya di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

g. Kapel.

Kapel di PLBN Jagoi Babang
Kapel di PLBN Jagoi Babang
Di sebelah kanan depan bangunan Utama PLBN Jagoi Babang terdapat Kapel untuk tempat ibadah Masyarakat yang beragama Kristen.

Kapel ini cukup megah dengan memiliki dua lantai serta menara. Bangunan ini bisa menampung ratusan Jemaah.

Note : Untuk pengambilan gambar sebelum peresmian dan masih dalam tahap finising, jadi mohon maaf jika foto yang ditampilkan masih kurang rapi.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di PLBN Jagoi Babang

Apakah PLBN Jagoi Babang tempat Wisata?

PLBN Jagoi Babang adalah jalur pemeriksaan barang dan orang, Namun terdapat spot menarik seperti taman, patung Garuda dan lain lain yang bisa dijadikan wisata perbatasan.

Apakah PLBN Jagoi Babang Ada MCK nya?

Ya, PLBN Jagoi Babang terdapat MCK yang terdapat di dalam area pemeriksaan. ada juga di area Pasar.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Melihat PLBN Jagoi Babang, Garda Terdepan Batas Negara"