Tugu Simpang Tiga Kota Bengkayang, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Tugu Simpang Tiga adalah nama persimpangan jalan menuju tempat tempat strategis di Kota Bengkayang seperti jalur menuju Kantor Bupati, Pusat Kota dan jalur menuju perbatasan Indonesia - Malaysia PLBN Jagoi Babang.

Tugu Simpang Tiga Kota Bengkayang
Tugu Simpang Tiga Kota Bengkayang

Tugu Simpang Tiga menjadi salah satu penanda bahwa anda berada di area kota yang memiliki banyak historis budaya yang masih terjaga dengan dibuktikan beberapa peninggalan rumah rumah adat masyarakat Dayak yang masih terjaga keasliannya.

Alamat Tugu Simpang Tiga

Tugu Simpang Tiga beralamatkan di Jl. Raya Sanggau Ledo, Simpang Trans Rangkang, Kelurahan Sebalo, Kecamatan Bengkayang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Kodepost Tugu Simpang Tiga :  79211

No telpon Tugu Simpang Tiga : -

Google Map Tugu Simpang Tiga

Jalur Transportasi menuju Tugu Simpang Tiga

Geser gambar untuk melihat sekeliling Tugu Simpang Tiga, Bengkayang.

Tugu Simpang Tiga berada pada persimpangan jalan Raya Sanggau Ledo dan Jalan Guna Baru Trans Rangkang.

Dari Kantor Bupati Bengkayang menuju Tugu Simpang Tiga hanya berjarak sekitar 1.6 Km atau sekitar 3 menit berkendara, dan jika jalan kaki hanya memerlukan waktu 20 menit saja.

Dari Pusat kota/ Taman Kota Bumi Sebalo ke Tugu Simpang Tiga hanya berjarak sekitar 6.8 Km atau sekitar 11 menit berkendara.

Sedangkan dari PLBN Jagoi Babang menuju Tugu Simpang Tiga hanya berjarak sekitar 94.8 Km atau sekitar 2 jam berkendara menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Apa yang menarik di Tugu Simpang Tiga

1. Tugu

Tugu Simpang Tiga Bengkayang

Tugu Simpang Tiga memiliki bangunan beton bersegi tiga dengan masing masing arah sisi diukir dengan ukiran khas Dayak yang diatasnya ada logo Kabupaten Bengkayang.

Disetiap sudut sisi terdapat 3 tiang dari beton yang masing masing puncaknya dibentuk seperti tempayan. 

Tempayan ini adalah salah satu simbol adat Masyarakat Dayak yang sangat menjunjung nilai nilai luhur kakek nenek dan aturan adat disana.

Barang siapa yang melanggar adat, membuat rusuh maka akan diselesaikan dengan hukum adat tanpa mengesampingkan Hukum Pemerintah Indonesia.

2. Taman mini

Di area pinggir tugu ditanami bunga bunga yang indah, anda bisa berfoto masuk ke area tugu, duduk duduk santai, namun harus hati hati karena area ini adalah simpang jalan.

Lihat kanan dan kiri sebelum menyeberang masuk ke area Tugu Simpang Tiga agar tidak mengganggu para pengendara yang melintasi simpang ini dengan kecepatan penuh.

3. Renovasi

Renovasi Tugu Simpang Tiga Kota Bengkayang
Renovasi Tugu Simpang Tiga Kota Bengkayang
Tugu Simpang Tiga telah mengalami beberapa renovasi. Perbedaan yang mencolok pada area pembatas simpang.

Yang dulunya menggunakan pagar dengan pintu masuk, sekarang tidak ada lagi pagar pembatasnya, dan diganti dengan pagar tembok yang lebih rendah dari sebelumnya.

Pertanyan yang sering ditanyakan di Tugu Simpang Tiga

Apakah Tugu Simpang Tiga tempat wisata?

Tugu Simpang Tiga adalah tugu disimpang jalan yang merupakan penanda anda berada di Kabupaten Bengkayang, namun jika anda ingin mengabadikan foto, berhati hatilah karena banyak pengendara yang melaju kencang di kawasan Tugu Simpang Tiga.

Apakah Tugu Simpang Tiga jalur yang penting?

Ya, Tugu Simpang Tiga adalah jalur yang menuju Kantor Bupati Bengkayang, Pusat kota dan PLBN Jagoi Babang

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Tugu Simpang Tiga Kota Bengkayang, Kalimantan Barat"