Keindahan Air Terjun Riam Merasap, Wisata Rafting bengkayang, kalimantan barat

 Pancurajipost.com - Air Terjun Riam Merasap adalah air terjun yang berasap asap karena saking tingginya sekitar 27 meter dan derasnya air yang jatuh kebawah kolam menimbulkan kabut air yang dingin.

Air Terjun Riam Merasap memiliki ketinggian sekitar 27 meter dan lebar sekitar 40 meter. Air terjun ini mengalir deras dan jernih, sehingga sangat cocok untuk bermain air dan mandi. Di bawah air terjun, terdapat kolam alami yang dapat digunakan untuk bersantai dan berendam serta jalur pecinta olahraga rafting.

Air Terjun Riam Merasap Foto
Air Terjun Riam Merasap Foto (IG ari_hidayatullah23)

Di sekitar air terjun, terdapat hutan yang lebat dan hijau. Hutan ini merupakan habitat bagi berbagai jenis tumbuhan dan hewan, seperti burung, monyet, dan kera. Suasana di sekitar air terjun sangat sejuk dan asri, sehingga sangat cocok untuk melepas penat dari hiruk pikuk kota.

Air Terjun Riam Merasap merupakan salah satu objek wisata yang menarik di Kabupaten Bengkayang. Air terjun ini sangat cocok untuk dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan suasana yang sejuk dan asri.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan di Air Terjun Riam Merasap:

  • Olahraga Arung jeram/Rafting
  • Bermain air dan mandi di air terjun
  • Camping
  • Bersantai dan berendam di kolam alami
  • Trekking ke hutan yang mengelilingi air terjun
  • Memancing di sungai yang mengalir di bawah air terjun
  • Mengabadikan momen indah di air terjun dan spot di taman dengan kamera

Alamat Air Terjun Riam Merasap

Riam Merasap beralamatkan di Jl. Riam Merasap, Desa Pisak, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Kodepost Riam Merasap :79285

No telpon Riam Merasap : 085389269330

Google Map Riam Merasap

Jalur Transportasi menuju Riam Merasap

a. Simpang empat pasar Sanggau Ledo belok kanan dari arah kota Bengkayang

Geser gambar untuk melihat sekeliling simpang perempatan pasar Sanggau Ledo

b. Belok kiri dan ada penanda tugu masuk ke jalan menuju Riam ParangekRiam Pangar dan  Riam Merasap

Geser gambar untuk melihat sekeliling simpang menuju jalan riam.

c. simpang menuju Air Terjun Riam Merasap

Geser gambar untuk melihat simpang jalan menuju Air Terjun Riam Merasap

Riam Merasap berada di kawawasan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) yang memanfaatkan aliran sungai sebagai sumber daya Listrik dan kawasan hutan hijau. dari Kantor Camat Tujuh Belas ke Riam Merasap hanya berjarak sekitar 4.1 Km atau sekitar 12 menit berkendara.

Sedangkan dari Kecamatan Sanggau Ledo atau perempatan pasar ke Riam Merasap hanya berjarak sekitar 8.4 Km atau sekitar 16 -28 menit berkendara.

Sedangkan dari Kota Bengkayang atau dari Taman Kota Bumi Sebalo menuju Air Terjun Riam Merasap hanya berjarak sekitar 64 Km atau sekitar 1 jam 30 menit berkendara menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat dengan kondisi jalan aspal dan berlobang.

Dari Kota Singkawang atau Grand Mall Singkawang menuju Riam Merasap dengan trek ke Kota Bengkayang - Kecamatan Sanggau Ledo hanya berjarak sekitar 138 Km atau sekitar 3 jam 55 menit.

Sedangkan dari Bandara Internasional Supadio, Kota Pontianak Tugu Digulis melalui sungai pinyuh mempawah menuju Anjongan kemudian Kabupaten Kota Bengkayang dilanjutkan ke Kecamatan Sanggau Ledo menuju Riam Merasap dengan jarak sekitar 238 Km atau sekitar 5 jam 20 menit berkendara.

Dari Malaysia melalui Pintu PLBN Jagoi Babang menuju Riam Merasap melalui Sanggau Ledo dengan jarak hanya sekitar 51.4 Km atau sekitar 1 jam 20 menit.

Apa yang menarik di Riam Merasap

1. Air Terjun Mirip Niagara

Air Terjun Riam Merasap, Wisata Rafting bengkayang
Air Terjun Riam Merasap, Wisata Rafting bengkayang Foto (Ismail Lis)
Riam Merasap memiliki tinggi sekitar 27 menet dengan bentangan permukaan diatasnya yang rata sehingga mirip dengan air terjun yang ada di Negara Kanda dan New York.

Debit air yang deras serta tinggi menimbulkan butir butir kecil embum seperti awan. Jika anda disekitar air terjun akan terasa sekali hawa dingin serta suara bergemuruh air yang mengalir yang jatuh ke kolam alami.

Kata Merasap sendiri berasal dari pemberian masyarakat yang melihat banyak buih-buih yang keluar dari tetesan air terjun ini yang sekilas menyerupai asap. 

Keindahan Air Terjun Riam Merasap
Keindahan Air Terjun Riam Merasap Foto (Made Putra)

Setiap musim penghujan tiba sekitar bulan Oktober atau saat hujan deras biasanya buih-buih ini akan terlihat. Menurut sebuah cerita masyarakat yang beredar, konon di air terjun ini terdapat intan sebesar kepalan tangan manusia dewasa yang dijaga oleh seekor kura-kura putih.

2. Spot Foto

Keindahan Air Terjun Riam Merasap
Keindahan Air Terjun Riam Merasap Foto (matthiaspeter)
Deretan lempengan bebatuan yang berbaris di pinggir Riam Merasap, dijadikan sebagai tempat duduk para pengunjung yang ingin menikmati keindahan air terjun serta merasakan hawa dingin yang dipancarkan dari bebatuan dan embun Riam Merasap.

Bebatuan yang indah ini biasa juga dijadikan sebagai objek hunting foto dengan background Riam Merasap.

3. Rafting atau Arung Jeram

Arung Jeram di Riam Merasap
Arung Jeram di Riam Merasap Foto (Wisata alam Riam Merasap)
Selain keindahan air terjunnya, Riam Merasap memiliki potensi aliran sungai yang menantang dan biasa dijadikan wisata olahraga arung jeram atau menyebutnya olahraga rafting.

Pengunjung yang ingin menjajal rafting bisa menghubungi ke POKDARWIS setempat dengan paket paket yang ditawarkan sebagai berikut :
  1. Paket Family Rp. 50.000/Orang dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dengan kondisi air sungai yang tenang.
  2. Paket Melewati Tiga Riam (Riam Parangek - Riam Pangar dan Riam Merasap) Rp. 80.000/orang dengan waktu tempuh 90 menit.
  3. Paket Family plus Jalur Ekstrim Rp. 200.000/orang dengan waktu tempuh 3 jam
  4. Paket Ekstrim Rp. 120.000/orang dengan waktu tempuh 1.5 jam.
  5. Untuk satu jeram maksimal 6 orang dengan 1 pemandu menjadi 7 orang

4. Taman

Anda juga bisa menikmati taman disekitar Riam Merasap, terdapat gazebo gazebo untuk duduk duduk santai atau yang membawa perbekalan makanan bisa makan disana sambil mendengarkan derasnya air Riam Merasap.

5. Camping

Untuk anda yang ingin menginap di area Riam Merasap bosa mendirikan tenda atau jika anda tidak ingin repot repot membawa perbekalan tenda yang ribet bisa menyewa tenda camping yang telah disediakan POKDARWIS.

Untuk harga sewa tenda di Riam Merasap dengan volume 2 orang Rp. 30.000 sedangkan yang bisa menampung 4 orang dengan harga Rp. 45.000, cukup murah jika anda berempat urunan maka hanya modal 10 ribu saja bisa bermalam dengan tenang di alam bebas dari pada membawa dari rumah yang riber.

6. Goa Maria

Goa maria Air Terjun Riam Merasap
Goa maria Air Terjun Riam Merasap Foto (Alfonsus widhi)
Sekitar kawasan PLTMH atau Air Terjun Riam Merasap terdapat Gola Maria yang selalu banyak dikunjungi masyarakat sekitar untuk beribadat disana. Bangunan Goa Maria mirip dengan rumah adat Dayak dengan ciri khas ada tangga satu keatas goa.

Kawasan Goa Maria cukup luas, berderet tempat duduk rapi dengan dengan suasana alam terbuka, membuat siapa saja yang beribadat disini lebih tenang dan damai.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Riam Merasap

Berapa tarif masuk ke Riam Merasap?

Riam Merasap dikelola POKDARWIS, untuk tarif sebagai berikut:

  • Tiket masuk untuk dewasa Rp.10.000/orang
  • Anak anak Rp. 5000
  • Parkir motor Rp. 5000
  • Parkir Mobil Rp. 10.000

Note : Harga bisa berubah sewaktu waktu.

Kapan buka dan tutup di Riam Merasap?

Riam Pangar buka pukul 08.00 dan tutup pukul 16.30 WIB

Apakah campig di Riam Merasap ada biaya sewa?

Ya, anda dikenakan biaya Rp. 10.000/ malam ketika camping di Riam Merasap. Jika anda tidak membawa tenda bisa menyewa tenda pengelola dengan kapasitas 2 orang Rp, 30.000 dan Kapasitas 4 orang Rp. 45.000

Apakah ada toilet atau kamar ganti di Riam Merasap?

Ya, POKDARWIS Riam Merasap telah menyiapkan keperluan MCK untuk para pengunjung yang datang.

Kapan waktu yang ramai di Riam Merasap?

Jika anda ingin berkunjung ke Riam Merasap saat ramai, berkunjunglah ketika akhir pekan sabtu dan minggu, atau ketika hari libur sekolah.

Kapan waktu yang tepat berkunjung ke Riam Merasap?

Riam Merasap memiliki keindahan yang bagus dengan debit air tinggi ketika musim hujan, jadi ketika kemarau, anda akan melihat aliran Riam Merasap yang kecil, kurang bagus untuk berfoto foto dan melakukan olahraga rafting.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Keindahan Air Terjun Riam Merasap, Wisata Rafting bengkayang, kalimantan barat"