Objek Wisata Riam Marum Dawar, Bengkayang, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Wisata Riam Marum Dawar adalah wisata alam air terjun di tengah hutan aliran sungai yang tidak jauh dari beberapa riam di Kecamatan Tujuh Belas diantaranya Riam Ampang, Riam Manajur, Riam Pangar, Riam Parangek, Riam Merasap dan masih banyak riam lainnya yang indah indah.

Wisata Riam Marum Dawar, Bengkayang, Kalimantan Barat
Wisata Riam Marum Dawar, Bengkayang, Kalimantan Barat Foto IG(willyv.h)
Wisata Riam Marum Dawar memiliki kolam alami yang luas dengan pinggir dihiasi bebatuan dan Tebing serta pepohonan rindang. Jika arus deras atau pada musim hujan, kolam penampungan alami yang berada tepat dibawah air terjun akan meluap dan menimpa bebatuan disekitarnya.

Sehingga tidak direkomendasikan untuk berenang ketika pada musim penghujan. Pada Sisi kiri terdapat air terjun kecil yang mengiasi tebing mengalir memperindah pemandangan disekitar Riam Marum Dawar.

Alamat Riam Marum Dawar

Riam Marum Dawar beralamatkan di Jalan Raya Dawar, Dusun Dawar Desa Wisata Pisak Kecamatan Tujuh Belas Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat

Kodepost Riam Marum Dawar : 79251

No telpon Riam Marum Dawar : 081903126947

Desa Wisata Dewi Pisak : 085343524242

Email : desawisatapisak@gmail.com

Google Map Riam Marum Dawar

Jalur Transportasi menuju Riam Marum Dawar

Dari Beberapa Titik Kota ke Desa Pisak

Air Terjun Riam Marum berada di Kawasan Hutan Desa Wisata Pisak Kecamatan Tujuh Belas Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat.

Dari Kota Bengkayang atau dari Taman Kota Bumi Sebalo menuju Kantor Desa Pisak hanya berjarak sekitar 69.5 Km atau sekitar 1 jam 40 menit berkendara melalui perempatan Sanggau Ledo menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat dengan kondisi jalan aspal dan ada juga yang berlobang kesimpang sebelum Sanggau Ledo menuju Desa Pisak.

Dari Kota Singkawang atau Grand Mall Singkawang menuju Kantor Desa Pisak dengan trek ke Kota Bengkayang -  perempatan Sanggau Ledo menuju Desa Pisak hanya berjarak sekitar 143 Km atau sekitar 3 jam 50 menit.

Sedangkan dari Bandara Internasional Supadio, Kota Pontianak Tugu Digulis melalui sungai pinyuh mempawah menuju Anjongan kemudian Kabupaten Kota Bengkayang sebelum Sanggau Ledo belok kanan menuju Kantor Desa Pisak dengan jarak sekitar 231 Km atau sekitar 5 jam 30 menit berkendara.

Dari Malaysia melalui Pintu PLBN Jagoi Babang menuju Kantor Desa Pisak melalui Sanggau Ledo dengan jarak hanya sekitar 56 Km atau sekitar 1 jam 16 menit melalui simpang Sanggau Ledo.

Kantor Desa Pisak - Riam Marum Dawar

Perjalanan dilanjutkan dari Kantor Desa Pisak menuju Dusun Dawar sekitar 6 Km atau sekitar 10 menit.

Setelah sampai, parkirkan kendaraan roda empat anda dekat loket tiket dan memulai masuk ke lokasi dengan berjalan kaki.

Perjalanan menuju Riam Marum Dawar tidak terlalu sulit, hanya memerlukan jalan kaki sekitar 15 - 20 menit saja dengan trek jalan kaki sekitar 1,5 Km saja dari pintu masuk loket tiket dengan harga Rp. 5000/orang.

Namun jika kondisi jalan bagus tidak perlu berlama lama jalan kaki.

Apa yang menarik di Riam Marum Dawar

1. Air Terjun

Air Terjun Riam Marum Dawar
Air Terjun Riam Marum Dawar Foto (Satria Satria)
Riam Marum Dawar memiliki ketinggian lebih dari 10 meter yang berada di perairan jalur Sungai Tanggi dan masuk dalam kawasan Cagar Alam Gunung Niut yang memiliki ketinggian sekitar 1.701 Mdpl.

Kejernihan Riam Marum Dawar yang bersumber dari air pegunungan terhampar terlihat membentuk telaga yang luas hingga bisa digunakan para pengunjung untuk membasuk badan dan mandi. Untuk berenang tidak disarankan karena ketika musim hujan debit air Riam Marum Dawar sangat deras dan membahayakan pastinya.

Hal yang mengasikkan adalah anda bisa duduk santai dibebatuan yang dialiri aliran air yang berasal dari riam.

Sambil bercanda bersama rekan rekan anda, atau menikmati cemilan yang anda bawa dari rumah, duduk dan memandang air terjun, sungguh pengalaman yang luar biasa dan pastinya anda akan betah berlama lama di area bebatuan dekat kolam Riam Marum Dawar.

2. Flora dan Fauna

Objek Wisata Riam Marum Dawar, Bengkayang, Kalimantan Barat
Objek Wisata Riam Marum Dawar, Bengkayang, Kalimantan Barat Foto (Vysa)

 Wisata Riam Marum Dawar yang berdekatan dengan Cagar Alam Gunung Niut  mempunyai pesona alam flora dan fauna di hutan tropis yang masih terjaga keberadaanya.

Jika anda beruntung, Anda akan menyaksikan kawanan kera berkeliaran di area ini serta beberapa species langka burung yang selalu sahut menyahut diantara pepohonan rindang.

3. Camping

Camping di Riam Marum Dawar
Camping di Riam Marum Dawar Foto (Muhammad Ramadhan)
Riam Marum Dawar sebagai area tujuan para pecinta alam yang ingin healing, bercamping ria di area ini.

Di dekat lokasi tidak terlalu banyak spot datar untuk camping, anda bisa mencari area yang lebih tinggi di area riam marun, selain aman dari arus air yang kadang tiba tiba deras akibat hujan juga banyak tempat datar diatasnya.

4. Hammock

Wisata Riam Marum Dawar Foto
Wisata Riam Marum Dawar Foto
Tidur tiduran di atas pepohonan rindang adalah sesuatu sekali apalagi di depannya terbentang pemandangan indah. Anda bisa tidur berayun ayun sambil melihat pemandangan air terjun Riam Marum dan juga bisa memilih lokasi lain dibawah riam yang terdapat bentangan bebatuan indah di jalur sungai.

Waw..Keindahan ini tak akan anda nikmati ditempat lain. Karena Riam Marum adalah salah satu air terjun dengan keunikan kolamnya yang luas dan meluap ketatas bebatuan jika debit airnya deras, serta sungai dibawahnya yang didominasi bebatuan besar.

Pertanyaan yang sering ditayakan di Riam Marum Dawar

Berapa tiket masuk ke Riam Marum Dawar?

tiket masuk ke Riam Marum Dawar Rp. 5000/orang

Kapan buka dan tutup di Riam Marum Dawar?

Riam Marum Dawar buka 24 jam, namun tidak ada penjaga. Jika anda ingin penjaga bisa memesan tourguide di Dusun Dawar yang siap mengamankan dan menemani segala kebutuhan anda selama di Riam Marum Dawar.

Kapan hari yang tepat ke Riam Marum Dawar?

Waktu yang tepat ke Riam Marum Dawarsekitar musim kemarau, airnya tidak terlalu deras serta jalanan enak dilalui kendaraan roda dua dan empat, karena memasuki area masih jalan tanah.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Objek Wisata Riam Marum Dawar, Bengkayang, Kalimantan Barat"