Review Air Terjun Riam Ampang Bengkayang, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Riam Ampang adalah air terjun yang berada di Desa Pisak yang menawarkan derasnya aliran air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan dibawahnya terdapat kolam alami yang bisa anda gunakan untuk berendam dan mandi.

Air Terjun Riam Ampang
Air Terjun Riam Ampang Foto

Berlokasi di kawasan hutan, menjadikan Air Terjun Riam Ampang menjadi salah satu destinsi wisata alam terbuka yang memiliki flora dan fauna yang masih terjaga keberadaannya.

Wisatawan yang kesini juga bisa melakukan camping di sekitar Air Terjun Riam Ampang, menginap di alam terbuka ditemani suara gemuruh air terjun, terasa di alam berbeda, dingin, gelap, penuh misteri.

Alamat Riam Ampang

Riam Ampang beralamatkan di Dusun Dawar/Semadum, Desa Pisak, Desa Pisak, Kecamatan Tujuh Belas, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Kodepost Riam Ampang : 79251

No telpon Riam Ampang : 081277051972, 083826201078

Desa Wisata Dewi Pisak : 0896 2154 5552

Email : desawisatapisak@gmail.com

Google Map Riam Ampang

Jalur Transportasi menuju Riam Ampang

Riam Ampang berada di Desa Pisak, yang merupakan jalur menuju Riam Merasap, Riam Pangar dan Riam Parangek. Bedanya dari simpang 3 riam tersebut lurus menuju Kantor Desa Pisak yang jaraknya hanya sekitar 7 Km saja.

Dari Kantor Desa Pisak menuju Riam Ampang hanya berjarak sekitar 3.2 Km atau sekitar 5 menit berkendara. menggunakan kendaraan roda dua dan empat langsung sampai ke Parkiran tiket loket, dilanjutkan dengan berjalan kaki menelusuri jalan setapak sekitar 200 meter saja.

Sedangkan dari Kota Bengkayang atau dari Taman Kota Bumi Sebalo menuju Air Terjun Riam Ampang hanya berjarak sekitar 72.7 Km atau sekitar 1 jam 20 menit berkendara menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat dengan kondisi jalan aspal dan ada juga yang berlobang.

Dari Kota Singkawang atau Grand Mall Singkawang menuju Riam Ampang dengan trek ke Kota Bengkayang - Kecamatan Sanggau Ledo menuju Desa Pisak hanya berjarak sekitar 146 Km atau sekitar 3 jam 35 menit.

Sedangkan dari Bandara Internasional Supadio, Kota Pontianak Tugu Digulis melalui sungai pinyuh mempawah menuju Anjongan kemudian Kabupaten Kota Bengkayang dilanjutkan ke Kecamatan Sanggau Ledo menuju Kantor Desa Pisak - Riam Ampang dengan jarak sekitar 234 Km atau sekitar 5 jam 22 menit berkendara.

Dari Malaysia melalui Pintu PLBN Jagoi Babang menuju Riam Ampang melalui Sanggau Ledo dengan jarak hanya sekitar 59.3 Km atau sekitar 1 jam 21 menit.

Apa yang menarik di Riam Ampang

1. Air terjun 

Wonderful Air Terjun Riam Ampang
Wonderful Air Terjun Riam Ampang Foto (Uray Marhaban)
Air Terjun Riam Ampang memiliki ketinggan lebih dari 10 meter dengan debit air yang sangat deras yang dikelilingi bebatuan, pepohonn serta aliran sungai yang landai.

Pada kolam alami dibawah air terjun Riam Ampang memiliki kedalaman selutut - setinggi kepala Orang Dewasa, sehingga yang tidak bisa berenang jangan sekali kali mendekati area pas turunnya air, disitu lokasi terdalam.

Air terjun Riam Ampang ini sangat jernih, pada sisi kolam terdapat bebatuan kecil yang menutupi permukaan daratan.

Pengunjung bisa bersantai, makan disana, duduk duduk, sambil menikmati derasnya air Riam Ampang. Lokasi pinggir kolam ini juga biasa digunakan untuk para pecinta alam yang bermalam dengan mendirikan tenda seitar Riam Ampang.

2. Camping

Air Terjun Riam Ampang
Air Terjun Riam Ampang Foto (yesika gouw)
Riam Ampang sebagai loksi camping yang recomended, namun jika anda ingin camping disini harus izin dulu ke petugas loket tiket untuk menghindari hal hal yang tidak di inginkan.

Anda bisa mendirikan tenda disekitar pinggir kolam alami Riam Ampang, namun anda harus hati hati ketika musim hujan tiba, pinggiran kolam tersebut bisa terisi penuh air jika hujan sangat deras, sehingga jika ingin lebih aman camping, pilihlah lokasi yang sedikit tinggi di atas tangga masuk ke Riam Ampang.

3. Aliran Sungai yang Indah

Aliran Sungai di Air Terjun Riam Ampang
Aliran Sungai di Air Terjun Riam Ampang
Anda akan merasakan kedamaian berada di sekitar aliran sungai Riam Ampang yang didominasi oleh bebatuan besar dengan air jernih yang mengalir, dingin dan sejuk.

Area sungai ini jarang orang mengetahuinya, padahal jauh lebih indah dari dari riamnya tersebut. Anda bisa berenang disini,atau sekedar duduk duduk manis sambil melihat pepohonan rindang yang besar besar.

4. Hutan Alami

Air Terjun Riam Ampang Bengkayang
Air Terjun Riam Ampang Bengkayang Foto (IG riam_ampangk)
Riam Ampang berada di pinggiran hutan yang masih alami, berbagai ekosistem tumbuhan dan hewan bisa anda temui disini.

Beberapa pepohonan langka yang susah anda jumpai di zaman sekarang, namun di Riam Ampang masih terjaga keberadaanya.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Riam Ampang

Berapa tiket masuk ke Riam Ampang?

Tiket karcis masuk ke Riam Ampang cukup murah hanya mengeluarkan biaya Rp. 10.000/orang sudah termasuk biaya parkir.

Apakah ada MCK di Riam Ampang?

Ya, pada area tangga masuk ke Riam Ampang terdapat MCK untuk para pengunjung yang datang.

Apakah ada kantin di Riam Ampang?

Saat ini belum tersedia kantin, warung yang menjajakan berbagai makanan dan minuman ringan di Riam Ampang, jadi sebelum menuju kelokasi bisa membawa makanan dan minuman dari rumah.

Kapan buka dan tutup di Riam Ampang?

Riam Ampang buka dan tutup dari pukul 08.00 - 16.00 WIB.

Untuk informasi lebih lanjut kepoin IG Riam Ampang

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Air Terjun Riam Ampang Bengkayang, Kalimantan Barat"