Review Air Terjun Riam Manajur Bengkayang, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Riam Manajur adalah air terjun yang berada di Desa Bengkilu yang memiliki ketinggan sekitar 20 meter dengan debit air yang deras dan sungguh mempesona. Siapa saja yang berkunjung kesini akan terpesona dengan kcantikan dan gemuruh air yang mengalir jatuh dari tebing besar ke kolam alami yang memancarkan asap putih embun air yang memancar dibawah kolam.

Anda harus mempersiapkan diri sebaik baiknya jika ingin menuju ke Riam Manajur, anda membutuhkan stamina yang kuat karena untuk menuju ke kawasan wisata ini membutuhkan waktu sekitar 15 menit lebih berkendara dengan jalan yang kurang mulus dari desa terdekat yaitu Desa Bengkilu Kecamatan Tujuh Belas atau berjalan kaki sekitar 1 jam.

Air Terjun Riam Manajur
Air Terjun Riam Manajur Foto (IG ldlistiani)

Suasana yang nyaman dan asri sebagai ciri khas alam hutan yang masih asri. Recomendasi jika anda ke Riam Manajur, pakailah jasa pemandu yang siap mengarahkan jalan menuju Riam Manajur agar lancar dalam perjalanan dan di larang menggunakan google map jika berada di hutan, karena rawan dengan titik kookdinat yang salah.

Jalan kaki menelusuri jalan setapak di hutan, anda akan melihat keindahan flora dan fauna diantaranya species Burung Rangkong yang bisa anda lihat disekitar hutan. 

Riam Manajur ini memiliki aliran air yang cukup deras dengan kolam alami yang luas. Kanan dan kiri Air Terjun Riam Manajur diapit dengan dinding tebing yang sebagian ditumbuhi oleh lumur serta pepohonan rindang dan hijau menimbulkan suasana sejuk, gelap dan penuh misteri.

Air Terjun Riam Manajur Bengkayang
Air Terjun Riam Manajur Bengkayang

Anda juga bisa mendirikan tenda untuk campig dialam terbuka di kawasan Riam Manajur. Sensasi derasnya air dengan gemuruh suara yang tak henti henti menderu, seolah olah sedang berbicara kepada kita bahwa air terjun ini sangat indah dan menawan.

Alamat Riam Manajur

Riam Manajur beralamatkan di Dusun Laek, Desa Bengkilu, Kecamatan Tujuh Belas Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat

Kodepost Riam Manajur : 79250

No telpon Riam Manajur : Desa Wisata Pisak : 085750100072

Email : dewipisakbky@gmail.com

Google Map Riam Manajur

Jalur Transportasi menuju Riam Manajur

Riam Manajur berada dikawasan hutan Dusun Laek, Desa Bengkilu, Kecamatan Tujuh Belas Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Dari Objek Wisata Riam MerasapRiam Pangar dan Riam Parangek menuju ke Riam Manajur hanya berjarak sekitar 18.5 Km atau sekitar 1 jam 10 menit.

Sedangkan dari Kantor Desa Bengkilu sendiri hanya berjarak sekitar 3.8 Km atau sekitar 17 menit menggunakan kendaraan roda dua saja sampai ke parkiran dan pintu gerbang Riam Manajur di Dusun Laek.

Namun di  Dusun Laek sebelum masuk ke lokasi wisata Anda harus wajib lapor di Posko Objek Wisata Riam Manajur serta membayar retribusi sebesar Rp.5.000/orang. Anda bisa bertanya tanya ke petugas loket dimana arah menuju Riam Manajur, setiap perjalanan anda akan melihat papan petunjuk arah menuju Riam Manajur.

Jika anda ingin aman, mintalah tourguide untuk mengantarkan anda sampai ke tujuan dengan biaya sewa sesuai kesepakatan.

Jalur dari Luar Desa Bengkilu

Dari Kota Bengkayang atau dari Taman Kota Bumi Sebalo menuju Air Terjun Riam Manajur hanya berjarak sekitar 68.6 Km atau sekitar 2 jam 8 menit berkendara menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat dengan kondisi jalan aspal dan ada juga yang berlobang kesimpang sebelum Sanggau Ledo menuju Desa Bengkilu.

Dari Kota Singkawang atau Grand Mall Singkawang menuju Riam Manajur dengan trek ke Kota Bengkayang - Sebelum Kecamatan Sanggau Ledo belok kanan menuju Desa Bengkilu hanya berjarak sekitar 142 Km atau sekitar 3 jam 56 menit.

Sedangkan dari Bandara Internasional Supadio, Kota Pontianak Tugu Digulis melalui sungai pinyuh mempawah menuju Anjongan kemudian Kabupaten Kota Bengkayang sebelum Sanggau Ledo belok kanan menuju Kantor Desa Bengkilu  - Riam Manajur dengan jarak sekitar 230 Km atau sekitar 5 jam 50 menit berkendara.

Dari Malaysia melalui Pintu PLBN Jagoi Babang menuju Riam Manajur melalui Sanggau Ledo dengan jarak hanya sekitar 64 Km atau sekitar 1 jam 57 menit melalui simpang Sanggau Ledo.

Apa yang menarik di Riam Manajur

1. Air Terjun

Air Terjun Riam Manajur Bengkayang
Air Terjun Riam Manajur Bengkayang Foto (Eko indrianto)
Riam Manajur berada ditengah hutan yang masih asli, sangat jauh dari keramaian dan polusi udara, denganhutan yang masih sangat terjaga karena dikelilingi pegunungan.

Riam Manajur dekat dengan salah satu cagar alam KalBar yakni Gunung Niut yang memiliki ketinggian sekitar 1.701 Mdpl.

Riam Manajur masih alami dengan kondisi dinding tebing berlumut serta air yang jernih. Anda akan merasakan udara yang dingin dan masih segar, serta vegetasi tertutup rapat membentuk iklim mikro dengan pepohonan rindang. 

2. Flora dan Fauna

Flora dan Fauna Riam Manajur
Flora dan Fauna Riam Manajur Foto (teresa reska firma rosa)
Riam Manajur memiliki keaneka ragaman flora dan fauna yang jarang anda jumpai dengan masih terdapat tumbuhan Begonia spp yang pertanda indikator hutan lembab yang terjaga keasliannya, serta jika beruntung anda akan melihat species burung Enggang yang dilindungi dan sudah sangat langka.

Keberadaan burung enggang disuatu lokasi sebagai indikasi alm Kalimantan yang masih alami dan hutan masih lebat, sebagai sarang yang man bagi burung enggang berkembang biak.

3. Camping

Camping di Air Terjun Riam Manajur
Camping di Air Terjun Riam Manajur Foto (Rangga Lawe)
Riam Manajur menjadi salah satu incaran para pecinta alam yang ingin bermalam dan menghirup udara bebas dan segar.

Dibawah pohon rindang diantara bebatuan, akan sangat berbeda petualangan menginap di kawasan Riam Manajur. Hawa sejuk, gelap, gemercak deru air yang tak ada henti membuat kita lupa masalah yang kita bawa dari rumah karena hilang seketika terhanyut suasana senang dan gembira bersama teman dan rekan.

Selan camping anda juga bisa lemakukan Hammock di Riam Manajur, tidur tiduran di bawah pohon, dekat sungai bebatuan besar serta suara alunan dan nyanyian air terjun Riam Manajur yang menghanyutkan suasana senang.

Pertanyaan yang sering diajukan di Riam Manajur

Berapa tarif masuk ke Riam Manajur?

Cukup dengan tiket Rp.5000/ orang anda sudah bisa menikmati keindahan Riam Manajur

Kapan buka dan tutup di Riam Manajur?

Riam Manajur buka dan tutup setiap ahri mulai dari Pukul 08.00 - 16.00.

Persiapan apa yang harus dilakukan ketika mengunjungi Riam Manajur?

Hal yang harus dilakukn adalah persiapkan js hujan, pakailah motor dengan bn cankul untuk memudahkan sampai dengan mudah ke Riam Manajur, bawa makanan dan minuman karena belum ada warung disekitar Riam Manajur.

Waktu yang tepat ke Riam Manajur kapan?

Anda bisa ke Riam Manajur ketika cuaca cerah agar perjalanan anda lancar tidak licin, suasana ramai ketika sabtu dan minggu.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Air Terjun Riam Manajur Bengkayang, Kalimantan Barat"