Review Air Terjun Riam Pangar, Wisata Rafting Bengkayang, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Air Terjun Riam Pangar adalah Objek wisata alam yang menawarkan aliran air terjun yang menawan dengan ketinggan sekitar 10 meter mengalir pada aliran sungai yang dijadikan sebagai wisata rafting.

Air Terjun Riam Pangar adalah aliran sungai satu jalur dengan riam lainnya diantaranya Riam Parangek - Riam Pangar dan Riam Merasap untuk para pecinta olahraga yang ingin mencoba medan rafting dari yang mudah sampai medan tersulit.

Air Terjun Riam Pangar, Wisata Rafting Bengkayang
Air Terjun Riam Pangar, Wisata Rafting Bengkayang Foto (Bella agustia)

Selain sebagai olahraga rafting, Riam Pangar recomended untuk wisata keluarga karena memiliki area yang ramah dengan anak anak untuk bersantai atau berenang, berendam di area Riam Pangar. 

Alamat Riam Pangar

Riam Pangar beralamatkan di Jl. Riam Merasap, Desa Pisak, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat

Kodepost Riam Pangar :  79285

No telpon Riam Pangar : 081351274091, 085211975264

Google Map Riam Pangar

Jalur Transportasi menuju Riam Pangar

a. Simpang empat pasar Sanggau Ledo belok kanan dari arah kota Bengkayang

Geser gambar untuk melihat sekeliling simpang perempatan pasar Sanggau Ledo

b. Belok kiri dan ada penanda tugu masuk ke jalan menuju Riam Parangek, Riam Pangar dan  Riam Merasap

Geser gambar untuk melihat sekeliling simpang menuju jalan riam.

c. simpang menuju Air Terjun Riam Pangar

Geser gambar untuk melihat simpang jalan sawit menuju Air Terjun Riam Pangar

Riam Pangar berada di kawawasan perkebunan sawit dan kawasan hutan hijau. dari Kantor Camat Tujuh Belas ke Riam Pangar hanya berjarak sekitar 4.2 Km atau sekitar 14 menit berkendara.

Sedangkan dari Kecamatan Sanggau Ledo atau perempatan pasar ke Riam Pangar hanya berjarak sekitar 8.3 Km atau sekitar 15 -30 menit berkendara.

Sedangkan dari Kota Bengkayang atau dari Taman Kota Bumi Sebalo menuju Air Terjun Riam Pangar hanya berjarak sekitar 64 Km atau sekitar 1 jam 40 menit berkendara menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat dengan kondisi jalan aspal dan berlobang.

Dari Kota Singkawang atau Grand Mall Singkawang menuju Riam Pangar dengan trek ke Kota Bengkayang - Kecamatan Sanggau Ledo hanya berjarak sekitar 138.2 Km atau sekitar 3 jam 45  menit.

Sedangkan dari Bandara Internasional Supadio, Kota Pontianak Tugu Digulis melalui sungai pinyuh mempawah menuju Anjongan kemudian Kabupaten Kota Bengkayang dilanjutkan ke Kecamatan Sanggau Ledo menuju Riam Pangar dengan jarak sekitar 238 Km atau sekitar 5 jam 20 menit berkendara.

Dari Malaysia melalui Pintu PLBN Jagoi Babang menuju Riam Pangar melalui Sanggau Ledo dengan jarak hanya sekitar 51 Km atau sekitar 1 jam 20 menit.

Apa yang menarik di Riam Pangar

1. Air Terjun

Geser gambar untuk melihat sekeliling Air Terjun Riam Pangar
Dengan ketingian sekitar 10 meter lebar, menjadikan objek wisata ini sangat digemari masyarakat sekitar maupun dari luar kabupaten.

Terdapat kolam di bawah air terjun dengan kedalaman selutut atau pinggang orang dewasa. Hal yang harus anda perhatikan adalah himbauan dan larangan yang tertulis jelas di area wisata yanitu dilarang berenang atau mendekati area air terjun yang ada kayunya.
Pesona Air Terjun Riam Pangar
Pesona Air Terjun Riam Pangar
Apalagi jika air pasang, arus akan cukup deras, jadi berhati hati jika anda membawa anak anak, awasi terus ketika mereka bermain, disamping itu area pantai adalah area bebatuan keras harap berhati hati dalam melangkah agar tidak terpeleset.

Jika diperhatikan tempat tempat air terjun yang masih angker biasanya terdapat bongkahan batang kayu yang masih melintang di aliran riam. Percaya atau tidak percaya, bongkahan batang kayu tersebut konon untuk bermain manusia kasat mata. Jika pengelola ingin membuang kayu itu biasanya diadakan ritual terlebih dahulu, jika tidak biasanya akan hujan badai, peralatan senso untuk memotong rusak/tidak bisa menyala, mau berapapun kekuatan manusia untuk berupaya mengangkat kayu itu tidak akan berhsil.

Sehingga, patuhi area area yang dilarang oleh pihak pengelola Riam Pangar ketika anda di sana.

2. Olahraga Rafting atau Arung Jeram

Rafting di Air Terjun Riam Pangar
Rafting di Air Terjun Riam Pangar
Riam Pangar melurapan aliran sungai jalur rafting yang cukup menantang. sambil melakukan olahraga dan menikmati keindahan hutan, pepohonan rindang, hawa sejuk sungai serta pemandangan sungai yang menakjubkan.

Tersedia beberapa paket rafting yang bisa anda nikmati yang sesuai dengan budget anda diantaranya :

  1. Paket Family Rp. 50.000/Orang waktu tempuh sekitar 45 menit dengan kondisi air sungai yang tenang.
  2. Paket Melewati Tiga Riam (Riam Parangek - Riam Pangar dan Riam Merasap) Rp. 80.000/orang dengan waktu tempuh 90 menit.
  3. Paket Family plus Jalur Ekstrim Rp. 200.000/orang dengan waktu tempuh 3 jam
  4. Paket Ekstrim Rp. 120.000/orang dengan waktu tempuh 1.5 jam.

3. Camping

Camping di Air Terjun Riam Pangar
Camping di Air Terjun Riam Pangar Foto (IG Hairil_246)
Riam Pangar buka 24 jam dengan pengamanan para anggota POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) yang siap mengamankan para pengunjung yang ingin camping, bermalam di area ini.

Tidak main main, para pengunjung yang datang biasanya dari Pontoanak, Singkawang dan bahkan dari luar daerah hanya ingin menikmati rafting dan bermalam di area pinggir sungai Riam Pangar

4. Taman

Bersantai di Taman Air Terjun Riam Pangar
Bersantai di Taman Air Terjun Riam Pangar
Para pengunjung yang tidak ingin basah basahan, atau hanya ingin sekedar bersantai di alam terbuka bisa menikmati keindahan Riam Pangar dari taman. POKDARWIS telah menyediakn penyewaan Hammock dan juga pelampung.

Area taman dekat dengan parkiran motor dan mobil. Namun jika hari hujan tiba biasanya pihak pengelola menyarankan mobil anda diparkirkan dekat loket tiket yang jarak nya sekitar 100 meter ke Riam Pangar karena dihawatirkan tidak bisa berjalan karena jalan licin.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Riam Pangar

Berapa tarif masuk ke Riam Pangar?

Riam Pangar dikelola POKDARWIS, untuk tarif sebagai berikut:

  • Tiket masuk untuk dewasa Rp.10.000/orang
  • Anak anak Rp. 5000
  • Parkir motor Rp. 5000
  • Parkir Mobil Rp. 10.000

Note : Harga bisa berubah sewaktu waktu.

Kapan buka dan tutup di Riam Pangar?

Riam Pangar buka 24 jam dan area tersebut di jaga para anggota POKDARWIS disana, jadi kapanpun anda datang langsung bisa dilayani.

Apakah campig di Riam Pangar ada biaya sewa?

Ya, anda dikenakan biaya Rp. 10.000/ malam ketika camping di Riam Pangar.

Apakah ada toilet atau kamar ganti di Riam Parangek?

Ya, POKDARWIS Riam Parangek telah menyiapkan keperluan MCK untuk para pengunjung yang datang.

Kapan waktu yang ramai di Riam Pangar?

Jika anda ingin berkunjung ke Riam Pangar saat ramai, berkunjunglah ketika akhir pekan sabtu dan minggu, atau ketika hari libur sekolah.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Air Terjun Riam Pangar, Wisata Rafting Bengkayang, Kalimantan Barat"