Review Bukit Salapar dan Batu Bide Bengkayang, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Bukit Salapar dan Batu Bide objek wisata perbukitan yang berada di bawah kaki gunung Bawang di Deda Cipta Karya Kecamatan Sungai Betung Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat.

Bukit Salapar dengan panorama bentangan pemandangan perbukitan didepannya sedangkan  Batu Bide adalah bebatuan besar yang ditengahnya di aliri aliran air yang jernih membentuk riam atau air terjun. 

Bukit Salapar Bengkayang Foto
Bukit Salapar Bengkayang Foto (uka-uka Adventure)

Biasanya para pendaki yang telah sampai ke Bukit Salapar, pulangnya singgah dulu ke Batu Bide untuk sekedar mandi, berenang, bahkan masak masak juga bisa karena mudah mengambil airnya. Jarak dari Batu bide ke ke bukit salapar hanya sekitar 17 menit berjalan kaki.

Disekitar Bukit Salapar dan Batu Bide juga terdapat area bunga raflesia yang tumbuh dan berkembang biak diarea itu, Aneh tapi ajaib, sehingga bisa dijadikan wisata penelitian, ada apa dengan Bukit Salapar dan Batu Bide?, 

Alamat Bukit Salapar dan Batu Bide 

Bukit Salapar dan Batu Bide beralamatkan di Jl. Raya Singkawang-Bengkayang, Desa Cipta Karya, Kecamatan Sungai Betung, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat

Kodepost Bukit Salapar dan Batu Bide : 79211

No telpon atau tourguide Bukit Salapar dan Batu Bide : 

  • Zakarias (0895346782822
  • Dian (081649106414)
  • Fransiskus. A (0895605660012)
  • Andi (089682306590)

Google Map Bukit Salapar dan Batu Bide 

Jalur Transportasi menuju Bukit Salapar dan Batu Bide 

Geser gambar untuk melihat sekeliling simpang menuju Bukit Salapar dan Batu Bide dari Jalan Raya Singkawang-Bengkayang

Bukit Salapar dan Batu Bide berada dibawah kaki gunung Bawang. Dari Kantor Desa Cipta Karya ke persimpangan menuju Bukit Salapar dan Batu Bide hanya sekitar 240 meter atau 1 menit berkendara

Dari Taman Kota Bumi Sebalo menuju Kantor Desa Cipta Karya hanya berjarak sekitar 6.6 Km atau sekitar 15 menit berkendara menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat dengan kondisi jalan aspal.

Dari Kota Singkawang atau Grand Mall Singkawang menuju Kota Bengkayang dilanjutkan menuju Kantor Desa Cipta Karya hanya berjarak sekitar 66.5 Km atau sekitar 1 jam 55  menit.

Sedangkan dari Kota Pontianak Tugu Digulis melalui sungai pinyuh mempawah menuju Anjongan ke Kota Bengkayang dilanjutkan ke Kantor Desa Cipta Karya dengan jarak sekitar 167 Km atau sekitar 3 jam 58 menit berkendara.

Dari Malaysia melalui Pintu PLBN Jagoi Babang menuju Kantor Desa Cipta Karya jaraknya hanya sekitar 108 Km atau sekitar 2 jam 32 menit.

Setelah sampai di Kantor Desa Cipta Karya dilanjutkan menuju simpang Bukit Salapar dengan kendaraan roda dua dan empat. Setelah itu, yang mengunakan kendaraan roda empat tidak bisa melanjutkan perjalanan.

Perjalanan harus menggunakan kendaraan roda dua menuju titik parkir sepeda motor di kaki bukit. 

Diparkiran motor terdapat pondok kecil, anda bisa beristirahat sejenak disana, atau jug bisa langsung traking perjalanan menanjak ke Bukit Salapar dan Batu Bide. Dari parkiran ke bukit jalan santai bisa mencapai 45 menit perjalanan. Jadi jika fisik kuat juga bisa Pulang Pergi.

Apa yang menarik di Bukit Salapar dan Batu Bide 

1. Panorama Alam

Bukit Salapar di Pagi hari
Bukit Salapar di Pagi hari Foto ( j confusion)
Keindahan Bukit Salapar tidak diragukan lagi. Bentangan alam menyelimuti area ini, jika anda berada di bukit pada pagi hari, terlihat anda berada di Negeri di atas awan.

Dari kejauhan terlihat perbukitan menjulang tinggi, sesuai karakter Kabupaten Bengkayang yang memiliki daratan perbukitan yang indah dengan potensi alamnya.

Selain itu anda jug aberistirahat dialam bebas dengan cara mendirikan camping di area ini memiliki area datar yang cukup luas untuk mendirikan tenda.

2. Camping

Camping di Bukit Salapar
Camping di Bukit Salapar Foto (surianto tan)

Kesejukan terasa sekali di Bukit Salapar ketika pagi hari ketik anda camping. Kabut menyelimuti area sampai sunset pagi hari muncul dan membersihkan awan yang menutup perbukitan.

Terlihat bentangan perbukitan biru dari jauh, ditemani hangatnya sinar matahari pagi sambil meminum segels kopi hangat, sungguh luar biasa.

3. Batu Bide

Batu Bide Bengkayang
Batu Bide Bengkayang Foto ( j confusion)
Setelah puas dengan pemandangan indah bukit salapar, saatnya untuk turun bukit dan pulang, namun jik anda ingin membersihkan diri, atau ingin mandi atau juga ingin menghabiskan waktu lebih banyak di hutan bisa mampir ke Batu Bide.

Batu Bide adalah riam yang memiliki aliran air terjun yang cukup jernih dengan dibawah aliran air terdapat kolam setinggi paha untuk mandi dan berendam.

Selain itu, lokasinya bisa dijadikan sebagai tempat masak masak karena berdekatan dengan aliran air bersih dari perbukitan.

4. Bunga Raflesia

Bunga Raflesia di Bukit Salapar dan Batu Bide
Bunga Raflesia di Bukit Salapar dan Batu Bide
Tidak hanya perbukitaannya yang indah, area Bukit Salapar dan Batu Bide juga terdapat tumbuhan raflessia yang di pagar, agar pengunjung tidak terlalu mendekat dan merusaknya.

Bukit Salapar berada di Hutan adat Kalong Desa Wisata Cipta Karya Kabupaten Bengkayang memiliki keaneka ragam berupa Bonggol / kenop calon bunga Rafflesia Tuan Mudae dan Rafflesia yang telah mekar sempurna.

Jarak menuju ke lokasi Bunga Rafflesia di kawasan hutan adat dengan Desa Cipta Karya hanya membutuhkan waktu 15 menit dengan mengendarai kendaraan roda dua.

Bunga Rafflesia tuan-mudae adalah bunga terbesar di dunia yang bisa tumbuh hingga 1 meter dengan diameternya. Bunga ini hidup parasit pada akar Tetrastigma, dan hanya bisa ditemukan di Pulau Sumatera, dan Kalimantan,  Indonesia. Bunganya berwarna merah tua dan memiliki bau yang sangat menyengat, mirip dengan bau bangkai. Bunga ini hanya mekar selama beberapa hari saja, dan kemudian akan layu dan membusuk.

Bunga Rafflesia tuan-mudae merupakan tumbuhan yang langka dan terancam punah. Hanya ada sekitar 2.000 bunga yang tersisa di dunia. Bunga ini dilindungi oleh pemerintah Indonesia, dan habitatnya dijaga ketat agar tidak rusak.

Dengan Potensi yang ada seperti Bunga Rafflesia, mengindikasikan bahwa alam Hutan adat Kalong Desa Wisata Cipta Karya masih asli, sehingga patut di jaga dan dipelihara. Keberadaan Bunga Raflesia ini akan mendatangkan keuntungan yang besar bagi masyarakat sekitar karena bisa menjadi wisata penelitian dan mendatangkan turis dari luar negeri.

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Bukit Salapar dan Batu Bide 

Berapa tarif masuk ke Bukit Salapar dan Batu Bide?

Karena sudah di kelola BumDes Cipta Karya maka tarif masuk ke Bukit Salapar dan Batu Bide:

  • Biaya Masuk Rp.10.000/orang
  • Parkir motor Rp. 10.000
  • Parkir Mobil Rp. 30.000

Jika anda memerlukan tourguide, akan ada biaya tambahan untuk menyewa jasa tourguide.

Perlengkapan apa saja yang diperlukan untuk ke Bukit Salapar dan Batu Bide?

Jika anda ingi ke Bukit Salapar dan Batu Bide, Hal yang harus diperhatikan adalah tongkat untuk pegangan jalan menanjak, sepatu bergigi, baju ganti, peralatan memasak, tenda untuk menginap dan lain lain.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Bukit Salapar dan Batu Bide Bengkayang, Kalimantan Barat"