Review Riam Tengkuyung, Bengkayang, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Riam Tengkuyung adalah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 Meter yang berada di hutan dekat Dusun Semadum. Riam Tengkuyung ini memiliki keunikan tersendiri yaitu pada sisi dalam air terjun yang dialiri air terdapat rongga goa yang cukup luas.

Air Terjun Goa Tengkuyung atau masyarakat Dusun Semadum sering menyebutnya Riam Tengkuyung. Kata Tengkuyung berasal dari nama binatang tengkuyung atau sejelis siput yang memiliki badan besar dibawah dan mengecil diatasmya.

Riam Tengkuyung, Bengkayang, Kalimantan Barat
Riam Tengkuyung, Bengkayang, Kalimantan Barat Foto (BORNEO ku)
Selain Riam Tengkuyung Kecamatan Tujuh Belas juga memiliki sumber daya alam yang sangat mengagumkan. Berderet riam riam yang cantik nan menawan ada di sini diantaranya :

  1. Riam Merasap adalah air terjun berada di Dusun Segonde, Desa Pisak, Kecamatan Tujuh Belas yang memiliki ketinggian sekitar 20 Meter.
  2. Riam Parangek adalah air terjun berada di Dusun Segonde, Desa Pisak, Kecamatan Tujuh Belas yang memiliki ketinggian sekitar 2 Meter, sebagai lokasi arung jeram.
  3. Riam Ampang adalah air terjun berada di Dusun Dawar, Desa Pisak, Kecamatan Tujuh Belas yang memiliki ketinggian sekitar 15 Meter.
  4. Riam Pangar adalah air terjun berada di Dusun Segonde, Desa Pisak Kecamatan Tujuh Belas  yang memiliki ketinggian sekitar 20 Meter.
  5. Riam Marum adalah air terjun berada di Dusun Dawar, Desa Pisak, Kecamatan Tujuh Belas yang memiliki ketinggian sekitar 50 Meter.
  6. Riam Lanjur adalahair terjun berada di Dusun Dawar, Desa Pisak Kecamatan Tujuh Belasyang memiliki ketinggian 60 Meter. Riam Lanjur disebut juga dengan Riam Tujuh Tingkat.

 Alamat Riam Tengkuyung

Riam Tengkuyung beralamatkan di Dusun Semadum Desa Wisata Pisak Kecamatan Tujuh Belas Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat
Kodepost Riam Tengkuyung : 79251
No telpon Riam Tengkuyung : 085343524242 (Desa Wisata Dewi Pisak)
Email : desawisatapisak@gmail.com

Google Map Riam Tengkuyung

Jalur Transportasi menuju Riam Tengkuyung

Dari Beberapa Titik Kota ke Desa Pisak

Air Terjun Riam Tengkuyung berada di Kawasan Hutan Lindung Gunung Niut Desa Wisata Pisak Kecamatan Tujuh Belas Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat.

Dari Kota Bengkayang atau dari Taman Kota Bumi Sebalo menuju Kantor Desa Pisak hanya berjarak sekitar 69.5 Km atau sekitar 1 jam 40 menit berkendara melalui perempatan Sanggau Ledo menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat dengan kondisi jalan aspal dan ada juga yang berlobang kesimpang sebelum Sanggau Ledo menuju Desa Pisak.

Dari Kota Singkawang atau Grand Mall Singkawang menuju Kantor Desa Pisak dengan trek ke Kota Bengkayang -  perempatan Sanggau Ledo menuju Desa Pisak hanya berjarak sekitar 143 Km atau sekitar 3 jam 50 menit.

Sedangkan dari Bandara Internasional Supadio, Kota Pontianak Tugu Digulis melalui sungai pinyuh mempawah menuju Anjongan kemudian Kabupaten Kota Bengkayang sebelum Sanggau Ledo belok kanan menuju Kantor Desa Pisak dengan jarak sekitar 231 Km atau sekitar 5 jam 30 menit berkendara.

Dari Malaysia melalui Pintu PLBN Jagoi Babang menuju Kantor Desa Pisak melalui Sanggau Ledo dengan jarak hanya sekitar 56 Km atau sekitar 1 jam 16 menit melalui simpang Sanggau Ledo.

Kantor Desa Pisak - Riam Tengkuyung

Perjalanan dilanjutkan dari Kantor Desa Pisak menuju Dusun Semadum sekitar 6.1 Km atau sekitar 11 menit.

Setelah sampai di parkiran, Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 2 jam menuju lereng gunung. 

Ketika musim hujan, jalanan menuju kesini sangat licin. tidak direcomendasikan menggunakan mobil atau motor metik. Pakailah motor trel agar lancar dalam melewati medan berlumpur tanah kuning.

Untuk memperlancar perjalanan, pakailah celana dan baju panjang serta sepatu boat untuk menghindari binatang lintah kecil/pacet yang ada disepanjang perjalanan menuju Riam Tengkuyung.

Atau kata orang tua bawalah tembakau dan usap usapkan ke bagian kaki dan tangan agar lintah kecil/pacet tidak berani menghisap darah anda. Cara ini lumayn efektif.

Apa yang menarik di Riam Tengkuyung

1. Misteri Goa Riam Tengkuyung

Goa Riam Tengkuyung Foto
Goa Riam Tengkuyung Foto (BORNEO ku)
Dibalik Riam Tengkuyung terdapat rongga gua yang sampi saat ini masih menyimpan misteri, apakah goa ini bisa tembus kesuatu tempat tertentu.

Menurut warga Dusun Semadum bernama Marsilus menceritakan bahwa pada zaman masa penjajahan Jepang, Goa di Riam Tengkuyung menjadi tempat persembunyian para orang tua zaman dahulu.
"dulu jaman perang Jepang, Kata orang tua mereka bersembunyi di Goa tersebut kemudian mencoba menyusuri Goa sampai keujung untuk mecari jalan keluar dan pada akhirnya jalan keluar yang ditempuh semakin sempit seperti tengkuyung, yang awalnya pintunya besar namun makin jauh ujung gua semakin kecil, Kata Marsilus yang biasa dipanggil Biem.

Itulah asal muasal penamaan Riam Tengkuyung oleh masyarakat zaman dahulu dan sampi sekarang nama itu tetap melekat pada air terjun Riam Tengkuyung.

Goa Riam Tengkuyung Foto
Goa Riam Tengkuyung Foto (Bagus Puspowardoyo)

Kawasan Riam Tengkuyung masih tergolong angker ditandai dengan lembabnya area disekitar air terjun, gelap, pada sisi air tejun ada kayu melintang sebagai tempat pemandian manusia kasat mata.

Riam Tengkuyung juga dipercayai sebagai tempat bersemayam para roh halus penjaga kampungyang memiliki keunikan Goa Purba tepat dibawah air terjun.

2. Flora dan Fauna

Riam Tengkuyung Sejuk dan Gelap Foto
Riam Tengkuyung Sejuk dan Gelap Foto (Vinsensius Lonarsim)
Sekeliling Riam Tengkuyung dikelilingi hutan belantara yang masih terjaga keasliannya.Terdapat bermacam flora dan fauna diantaranya burung enggang gading, Owa Kalimantan,serta burung ruai masih ada dan terpelihara di kawasan ini.

Keberadaan burung burung langka ini semakin kuat tentang keaslian dari hutan yang merupakan kawasan Cagar Alam Gunung Niut.

3. Hal yang harus diperhatikan ke Riam Tengkuyung

Perjalanan Riam Tengkuyung
Perjalanan Riam Tengkuyung
Ada hal hal yang perlu anda perhatikan sebelum memutuskan ke Riam Tengkuyung diantaranya adalah :
  1. Jalanan licin ketika musim hujan, tidak cocok mengunakan mobil atau motor metik.
  2. Banyak lintah kecil sepanjang jalan, siapkan tembakau untuk dioleskan ke bagian kaki dan tangan agar terhindar dari gigitan lintah.
  3. Tempatnya masih angker, dianjurkan izin dulu ke tetua adat atau bawa tourguide dusun Semadum agar perjalanan anda lancar, dan bertanyalah ke masyarakat setempat apakah bisa camping di area air terjun jika anda ingin menginap.
  4. Tidak di ijinkan mengunakan petunjuk google map, karena kawasan hutan rawan salah titik koordinat.
  5. Bawa sampah sampah plastik anda ketika berada disana

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Riam Tengkuyung

Berapa tarif masuk ke Riam Tengkuyung?
Untuk tarif asuk tergantung dari tourguide yang anda pesan ke Riam Tengkuyung.

Apakah ada MCK di Riam Tengkuyung?
Belum tersedia MCK di Riam Tengkuyung

Apakah bisa camping di Riam Tengkuyung?
Untuk bisa tau tidak caming di Riam Tengkuyung, anda bisa hubungi tetua adat dusun semadum.
YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Riam Tengkuyung, Bengkayang, Kalimantan Barat"