Review Sepadang Hill Bengkayang, Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Sepadang Hill adalah salah satu wisata perbukitan andalan Kabupaten Bengkayang yang telah masuk urutan kedua nominasi bertaraf Nasional yaitu Anugerah Pesona Indonesia pada tahun 2021 dengan kategori dataran tinggi.

Untuk mencapai puncak Sepadang Hill, wisatawan harus berjalan kaki selama sekitar 1 - 2 jam tergantung dari kekuatan nafas anda. Namun, perjalanan tersebut akan terbayar dengan keindahan pemandangan yang akan disuguhkan. Di sepanjang jalan, wisatawan akan melewati hutan yang masih sangat alami, Hutan bambu, hamparan ladang-ladang warga seperti jagung, aliran sungai kecil dan lain lain.

Setelah sampai di puncak Sepadang Hill, wisatawan dapat bersantai sambil menikmati pemandangan yang indah. Wisatawan juga dapat melakukan berbagai kegiatan lainnya, seperti camping, dan berfoto.

Sepadang Hill adalah objek wisata yang sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam. Objek wisata ini juga sangat cocok untuk wisatawan yang ingin melakukan kegiatan yang bersifat outdoor seperti hiking.

Alamat Sepadang Hill

Sepadang Hill beralamatkan di Jalan Raya Singkawang-Bengkayang, Desa Cipta Karya, Kecamatan Sungai Betung, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Kodepost Sepadang Hill : 79211

No telpon, Reservasi Online atau tourguide Sepadang Hill :

  • Hatari : 089622119688
  • Wiro : 083150192541
  • Dedi : 081528797479
  • Chaveg : 089614434181
  • Supri : 0895605661115

Google Map Sepadang Hill

Jalur Transportasi menuju Sepadang Hill

Geser gambar untuk melihat sekeliling Pintu masuk Tugu Wisata Bukit Sepancong dari jaln raya

Dari Kantor Desa Cipta Karya ke Tugu Wisata Bukit Sepancong hanya berjarak sekitar 1.7 Km atau sekitar 3 menit berkendara. Di Tugu Wisata Bukit Sepancong terdapat warung makan, anda bisa beristirahat sejenak sambil bertanya tanya ke pemilik warung, biasanya disitu registrasi, bisa juga registrasi di Post pertama tempat parkiran motor.

Untuk anda yang menggunakan kendaraan roda empat hanya bisa sampai ke Tugu Wisata Bukit Sepancong, anda bisa menitipkan kendaraanya disana dengan biaya Rp. 30.000/mobil, dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju pos pertama sekitar 20 menit perjalanan. Namun anda jangan hawatir, ada jasa ojek untuk sampai ke post pertama dengan biaya hanya Rp. 15.000/orang.

Bagi yang menggunakan kendaraan roda dua bisa langsung ke post pertama dan parkirkan kendaraan anda disana dengan biaya Rp. 10.000/motor, sedangkan tiket masuknya Rp. 10.000/orang.

Bagi anda yang dari luar Kabupaten,  Dari Taman Kota Bumi Sebalo menuju Kantor Desa Cipta Karya hanya berjarak sekitar 6.6 Km atau sekitar 15 menit berkendara menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat dengan kondisi jalan aspal.

Dari Kota Singkawang atau Grand Mall Singkawang menuju Kota Bengkayang dilanjutkan menuju Kantor Desa Cipta Karya hanya berjarak sekitar 66.5 Km atau sekitar 1 jam 55  menit.

Sedangkan dari Kota Pontianak Tugu Digulis melalui sungai pinyuh mempawah menuju Anjongan ke Kota Bengkayang dilanjutkan ke Kantor Desa Cipta Karya dengan jarak sekitar 167 Km atau sekitar 3 jam 58 menit berkendara.

Dari Malaysia melalui Pintu PLBN Jagoi Babang menuju Kantor Desa Cipta Karya jaraknya hanya sekitar 108 Km atau sekitar 2 jam 32 menit.

Setelah sampai di Kantor Desa Cipta Karya dilanjutkan perjalanan ke Sepadang Hill melalui simpang Tugu Wisata Bukit Sepancong.

Lama perjalanan dari Post Pertama ke lokasi Sepadang Hill sekitar 1 - 2 jam, tergantung dari kekuatan nafas dan fisik anda. Jalanan tikus, tanah licin jika hujan, bebatuan, namun pada area tertentu terdapat pagar pengaman yang dibangun POKDARWIS.

Dengan ketinggian sekitar 500 Mdpl, anda akan diajak berjalan menanjak, sesekali menurun, namun anda jangan hawatir karena di perjalanan terdapat 3 pos peristirahatan serta 1 taman anggrek yang unik, kemudian hutan bambu yang instagramable serta di post ketiga  terdapat keran air yang dibuat POKDARWIS untuk beristirahat, mandi, atau sekedar memasak air untuk minum kopi, teh untuk memulihkan tenaga.

Dan di Post tiga inilah anda harus membawa air keatas Sepadang Hill, karena di atas sudah tidak ada lagi air.

Yang menarik adalah ada satu tanjakan yang diberi nama "Tanjakan Sakit Hati", Tanjakan ini adalah merupakan tanjakan ter-extreme kemiringannya, yang membuat nafas anda semakin ngosngosan.

Apa yang menarik di Sepadang Hill

1. Negeri diatas Awan

Tidak main main, Orang nomor satu di Kabupaten Bengkayang, Sebastianus Darwis yaitu Bupati Bengkayang telah mengunjungi Sepadang Hill pada hari Jumat 02 Juli 2021 sebagai dukungan penuh terhadap Objek Wisata Sepadang Hill dan Wisata wisata lainnya di Bengkayang.

Kunjungan Sebastianus Darwis, Bupati Bengkayang di Sepadang Hill
Kunjungan Sebastianus Darwis, Bupati Bengkayang di Sepadang Hill, Foto 02 Juli 2021 (bengkayangkab)
Anda akan disuguhkan dengan bentangan pemandangan indah dari Sepadang Hill, Udara sejuk di perbukitan, angin yang terus menerus tanpa henti melambai lambaikan rambut anda, membuat suasana semakin menyenangkan.

Apalagi jika anda melihat pemandangan disekitar Sepadang Hill pagi hari, terlihat anda berada di Negeri diatas Awan, Hamparan dibwah nya diselimuti oleh hamparan awan putih yang indah.

Di kawasan Sepadang Hill telah dibangu berbagai spot foto seperti pondok menyerupai rumah adat Dayak serta tangan raksasa untuk spot foto dan juga, meja dan kursi, bangku, ayunan dan lain lain.

2. Camping

Camping di Sepadang Hill Bengkayang
Camping di Sepadang Hill Bengkayang Foto (Hatari; Tana'k Panyanggar)
Dilereng Sepadang Hill yang miring telah disediakan lokasi dataran untuk camping yang memudahkan anda menancapkan tenda tenda yang menghadap langsung ke perbukitan.

Selain itu ada pendopo segitiga yang bisa dijadikan tempat menginap dengan menyewanya, untuk harga sewa bisa anda tanyakan ke nomor yang tertera diatas.

Pendopo di Sepadang Hill Bengkayang
Pendopo di Sepadang Hill Bengkayang Foto (Abang ikhbal Zulka Apriansyah)
Menikmati udara pagi hari dialam terbuka adalah hal yang jarang terjadi, sensasi dinginnya angin diselingi dengan pemandangan hamparan awan putih, serta secangkir kopi hangat akan menjadikan momen yang tak akan terlupan.
Pemandangan indah di Sepadang Hill Bengkayang
Spot Foto Pemandangan indah di Sepadang Hill Bengkayang Foto (Hatari; Tana'k Panyanggar)

3. Kebun Bambu

Bamboo Forest di Sepadang Hill
Bamboo Forest di Sepadang Hill Foto (jadesta.kemenparekraf)
Terdapat bambu bambu lurus yang instagramable mirip dengan wisata Bamboo Forest Keputih di Surabaya, yang bisa dijadikan sebagai spot foto sambil berjalan menaiki puncak Sepadang Hill.

Bambu bambu ini tersusun rapi sebagai pintu gerbang menuju Sepadang Hill yang menandakan bahwa bukit tujuan anda semakin dekat.

4. Sunset

Sunset di Sepadang Hill Bengkayang
Sunset di Sepadang Hill Bengkayang Foto (Hatari; Tana'k Panyanggar)
Tak terbantahkan lagi tentang keindahan alam Sunset di Sepadang Hill Bengkayang pada pagi hari. Sinar warna kekuning kuningan, memancarkan dari balik perbukitan yang indah.

Sinar matahari ini memunculkan hawa hangat setelah sekian lama dingin ketika malam da pagi tiba yang membuat anda akan merasa semakin tenang dan damai.

5. Taman Mini

Taman mini di Sepadang Hill
Taman mini di Sepadang Hill Foto (Dewi Cika)
Dari parkiran Post pertama menuju taman ini sekitar 10 menit perjalanan, jadi anda yang tidak ingin jauh jauh ke bukit bisa main saja kesini.

Terdapat pondok mini dengan didepannya air mancur dari sela sela bambu serta kolam yang kecil dan air jernih, serasa ingin menceburkan diri kesini.

Area ini cukup indah, sebagai salah satu satu spot area bersantai yang terdekat dengan parkiran motor.

Pertanyan yang sering ditanyakan di Sepadang Hill

Berapa tarif masuk ke Sepadang Hill?

Untuk tiket masuk ke Sepadang Hill Rp. 10.000/orang dengan Parkir motor Rp. 10.000, Parkir mobil menginap Rp. 30.000 serta jasa tourguide Rp. 150.000. Dengan anda membayar sedikit dana untuk membeli tiket masuk, maka anda mendukung berkembangnya wisata di Kabupaten Bengkayang menjadi salah satu perekonomian baru pendapatan masyarakat Bengkayang khususnya di Desa Cipta Karya. " Kedatangan anda membawa berkah".

Apakah jalur transportasi pendakian extreme di Sepadang Hill?

Untuk jalur pendakian tidak terlalu extreme di Sepadang Hill karena telah diberi jalur akses yang cukup mudah oleh masyarakat setempat, serta beberapa pengaman seperti pagar untuk pegangan di tempat tempat yang lumayan curam dan sebagainya.

Apa saja tips Hiking di Sepadang Hill?

Berikut adalah beberapa tips untuk hiking di perbukitan Sepadang Hill:

  • Pilih jalur yang telah ditentukan oleh pengelola, terdapat persimpangan jalan setapak, jika anda ragu sebaiknya bawa teman yang telah pernah kesana, atau sewa tourguide, Jangan mengunakan google map karena di hutan mungkin titik koordinat akan berbeda.
  • Lakukan pemanasan sebelum memulai pendakian. Ini akan membantu mencegah cedera otot.
  • Kenakan sepatu hiking yang nyaman dan tepat ukuran. Sepatu hiking yang baik akan memberikan dukungan yang dibutuhkan kakimu untuk mendaki di medan yang tidak rata.
  • Bawa banyak air putih dan makanan ringan. Penting untuk tetap terhidrasi dan memiliki energi saat mendaki.
  • Beristirahatlah secara teratur. Jangan memaksakan diri untuk mendaki terus-menerus. Beristirahatlah secara teratur untuk menghindari kelelahan.
  • Waspadalah terhadap cuaca. bawalah mantel anti hujan atau tas anti air agar peralatan yang anda bawa aman sampai ke lokasi.
  • Wajib registrasi saat pembelian tiket. Hal ini untuk mendata jika ada hal hal ang tidak di inginkan
  • Jangan mendaki sendirian. Lebih aman untuk mendaki bersama teman atau kelompok.
  • Bersikaplah ramah terhadap lingkungan. Jangan meninggalkan sampah di jalur hiking, Jika anda bersahabat dengan Alam, Alam akan bersahabat dengan anda.

Dengan mengikuti tips ini, kamu dapat menikmati pendakian di perbukitan Sepadang Hill Bengkayang dengan aman dan menyenangkan.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Sepadang Hill Bengkayang, Kalimantan Barat"