Review Taman Burung Singkawang, Sejarah Kalimantan Barat

 Pancurajipost.com - Taman Burung Singkawang adalah Salah satu taman terbuka hijau di pusat kota Singkawang yang memiliki sejarah penting ditandai dengan Bangunan Belanda yang masih berdiri kokoh disekitar Taman Area ini berdekatan dengan pasar hongkong sehingga cukup mudah untuk dikunjungi. 

Area Taman Burung Singkawang sendiri tidak terlalu besar dengan 2 sisi taman di antara jembatan. Ada patung burung di gerbang utama dan tulisan taman burung yang berada di jembatan, cukup cantik untuk dijadikan spot foto, serta areanya cukup bersih dan tertata yang didalamnya didominasi para pedagang kaki lima ketika malam hari di jembatan.

Taman Burung Singkawang
Taman Burung Singkawang Foto (Time To Rayyan)

Untuk anda yang ingin berkunjung kesini, waktu yang tepat ketika sore menjelang dan malam hari karena cuaca sejuk, tidak panas dan juga saat weekend karena pastinya lebih banyak orang mampir dan banyak pedagang yang buka di area Taman Burung Singkawang.

Untuk jajanan kuliner dari pedagang kaki lima di Taman Burung Singkawang banyak pilihan, mulai dari bakso, angkringan, gorengan, Bakaran dan lain lain yang tentunya bersahabat di kantong.

Dan untuk masyarakat Muslim yang ingin beribadah, cukup berjalan kaki saja untuk menuju ke masjid atau mushalla di dekat area Taman Burung Singkawang.

Selain itu di Taman Burung Singkawang juga terdapat mini taman bermain yang cukup menghibur untuk anda dan anak anak. .

Alamat Taman Burung Singkawang

Taman Burung Singkawang beralamatkan di Jl. Merdeka, Kelurahan Tengah, Kecamatan Singkawang Barat, Kota Singkawang, Kalimantan Barat

Kodepost Taman Burung Singkawang: 79111

Nomor Telpon Taman Burung Singkawang:-

Google Map Taman Burung Singkawang

Jalur Transportasi menuju Taman Burung Singkawang

Geser gambar untuk melihat sekeliling Taman Burung Singkawang dari Jl. Merdeka.

Taman Burung Singkawang berseberangan dengan Gedung Perpustakaan Daerah Kota Singkawang.

 Dari  Grand Mall Singkawang menuju Taman Burung Singkawang jaraknya hanya sekitar 4Km atau 11 menit berkendara.

Sedangkan dari Bundaran 1001 AI Singkawang ke Taman Burung Singkawang hanya berjarak sekitar 4.2 Km atau sekitar 8 menit berkendara dengan jalur melewati Tugu Adipura Kota Singkawang - Dangau Resort SingkawangHotel Wahana Inn dan Mahkota Hotel Singkawang.

Apa saja yang ada di Taman Burung Singkawang

Patung Burung di Taman Burung
Patung Burung di Taman Burung Foto (C Yew Tan)
Taman burung merupakan taman terlama dan tertua sejl tahun 1980-an yang sebelumnya memang memiliki banyak burung-burung yang berterbangan dan ada yang dipelihara di dalam sangkar sehigga dinamakan Taman Burung.

Seiring waktu taman burung menyisakan bangunan patung patung burung sebagai pertanda tempat ini pernah dihuni banyak burung yang hidup damai.

Taman Burung Singkawang dari tahun ke tahun telah banyak mengalami perbaikan sebagai salah satunya destinasi wisata di kota Singkawang yang wajib di kunjungi saat malam hari karena ada banyak street food, dan berbagai macam arena hiburan untuk sekedar melepas penat bersama keluarga.

a. Odong Odong

Odong odong di taman Burung singkawang
Odong odong di taman Burung singkawang Foto (CUCU MUSLIM)
Salah satu hal yang menarik di Taman Burung Singkawang adalah hiburan kendaraan Odong odong yang berjejer rapi siap memanjakn para pengunjung yang datang.

Anda akan diajak berkeliling Kota Singkawang dengan kendaraan Odong odong yang dihias sedemikian rupa dengan lampu lampu yang indah disekujur tubuh odong odong .

Untuk menaiki odong-odong di Taman Burung Singkawang anda hanya mengeluarkan biaya mulai dari  tarif Rp. 10.000 - Rp. 15.000/orang sekali jalan.

b. Tempat Nongkrong

Taman Bersatai di Taman Burung
Taman Bersatai di Taman Burung Foto (Oki Januardi)
Taman Burung Singkawang juga merupakan tempat untuk nongkrong anak anak muda, Cocok untuk bersantai atau sekedar nongkrong tanpa batasan umur.  

Terdapat area Skateboat mini yang bisa dipergunakn untuk latihan para anak muda yang gemar olahraga ini. Lapangan mini Skateboat ini berada di seberang jembatan dan taman, pinggir jalan.

c. Jalanan Murah

Bagi anda yang ingin nongkrong tapi dengan budget kecil dan murah, Taman Burung Singkawang adalah pilihan tepat.

Berbagai jajanan lokal tersedia disini. Untuk makanan di Taman Burung Singkawang didominasi para pedagang kaki lima yang menjajakan jajanan ringan dan murah, diantaranya banyak yang jualan sosis, dogeng, kornet, crab stik, es sari kacang, es milo, es boba, es alpukat, sate dan banyak lagi makanan khas nusantara yang enak enak.  

Salah satu makanan favorit para pengunjung yang digemari adalah cemilan cimol goreng yang patut anda coba.

d. Banguan Bersejarah

Bangunan Belanda samping Taman Burung
Bangunan Belanda samping Taman Burung
Di area samping Taman Burung Singkawang terdapat bangunan bersejarah bekas Bangunan Belanda yang masih berdiri kokoh.

Bangunan Belanda ini masuk Heritage cagar budaya yang dilindungi keberadaannya, Bangunan Belanda ini adalah bangunan rumah tinggal controller Belanda yang dibangun pada tahun 1920 yang saat itu Kota Singkawang berbentuk Afdeeling.

Afdeeling merupakan sebuah wilayaj administratif setingkat Kabupaten yang membawahi wilayah Singkawang, Bengkayang, Pemangkat dan Sambas.

Dan pada masa Orde Baru, Bangunan Belanda ini pernah digunakan untuk rumah tinggal Pimpinan Daerah hingga gust house Pejabat Daerah dan Negara.

Pengertian Kata "Afdeeling"

Afdeeling adalah kata dalam bahasa Belanda yang berarti divisi. Dalam bahasa Indonesia, divisi adalah suatu kelompok atau satuan di dalam suatu organisasi. Divisi memiliki fungsi dan kewenangan masing-masing sesuai dengan tanggung jawabnya.

Dalam konteks perusahaan, divisi biasanya merujuk kepada bagian yang diduduki seseorang dalam sebuah hierarki organisasi atau perusahaan. Divisi kerja dalam sebuah perusahaan biasanya dibagi berdasarkan fungsi, produk, atau wilayah geografis.

Berikut adalah beberapa contoh divisi dalam perusahaan:
  • Divisi Pemasaran (Marketing Division)
  • Divisi Keuangan (Finance Division)
  • Divisi Produksi (Production Division)
  • Divisi Sumber Daya Manusia (Human Resources Division)
  • Divisi Riset dan Pengembangan (Research and Development Division)
  • Divisi Distribusi (Distribution Division)
  • Divisi Penjualan (Sales Division)
  • Divisi Layanan Pelanggan (Customer Service Division)
  • Divisi Hukum (Legal Division)
  • Divisi Hubungan Investor (Investor Relations Division)
  • Divisi Public Relations (Public Relations Division)
Selain itu, divisi juga dapat digunakan dalam konteks militer, organisasi, dan klasifikasi tumbuhan.

e. Taman Bermain dan Spot Foto

Motor dan mobil listrik di Taman Burung singkawang
Motor dan mobil listrik di Taman Burung singkawang
Taman Burung Singkawang juga memiliki area untuk berfoto disekitar taman dan di jembatan yang menghubungkan sungai didekatnya, serta ada tulisan Taman Burung.

Sehingga recomended juga untuk anak karena terdapat taman bermain anak anak serta permainan lainnya diantaranya naik odong odong, ada permainan kereta api, ada mobil listrik anak, ada juga sepeda listrik, dan banyak lagi mainan anak anak.

Spot Foto di Taman Burung Singkawang
Spot Foto di Taman Burung Singkawang Foto (Surya Arianingsih)

Pertanyaan yang sering ditanyakan di Taman Burung Singkawang

Berapa tarif masuk ke Taman Burung Singkawang?

Taman Burung Singkawang adalah area publik, sehingga tidak ada tiket harga masuk.

Apaah ada MCK di Taman Burung Singkawang?

Sekitar Taman Burung Singkawang aa MCK, dan anda bisa menumpang ke rumah rumah makan terdekat untuk sekedar MCK.

Apakah masih ada burungnya di Taman Burung Singkawang?

Sudah tidak ada lagi burung yang dipelihara di Taman Burung Singkawang, yang tersisa adalah monumen patung burung sebagai penanda pernah ada burung burung diarea taman ini.

Kapan Taman Burung Singkawang berdiri?

Taman Burung Singkawang berdiri sekitar tahun 1980-an.

Berapa tarif naik orong odong di Taman Burung Singkawang?

Untuk harga naik odong odong di Taman Burung Singkawang sekitar Rp. 10.000 - Rp. 15.000 sudah bisa mengelilingi Kota Singkawang bersama keluarga.

Kapan waktu yang tepat ke Taman Burung Singkawang?

Jika anda tipe orang yang suka ketenangan maka pagi hari sampi sing waktu yang tepat ke Taman Burung Singkawang, Namun jika anda suka keramaian maka pergilah ketika sore samapai malam hari.

Apakah ada penginapan disekitar Taman Burung Singkawang?

Ya, terdapat beberapa penginapan yang dekat dengan Taman Burung Singkawang diantaranya Dangau Resort SingkawangHotel Wahana Inn dan Mahkota Hotel Singkawang. yang jaraknya sekitar 4.2 Km atau sekitar 8 menit berkendara dengan fasilitas hotel berbintang dan kelas menengah kebawah, anda tinggal pilih.

Apakah sungai disekitar Taman Burung Singkawang bisa untuk mancing?

Ya, Taman Burung Singkawang biasa di bulan tertentu mengadakan lomba mancing disekitar sungai, sehingga anda juga bisa membw pancing sambil bersantai menikmati jajanan di area taman.

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Review Taman Burung Singkawang, Sejarah Kalimantan Barat"