Apa itu Autonomous-rail Rapid Transit (ART), Bagaimana Cara Kerjanya

 Pancurajipost.com -  Presiden Joko Widodo meninjau transportasi dan training center, Lapangan Sepak Bola PSSI, Selasa, 13 Agustus 2024.  Autonomous-rail Rapid Transit (ART) adalah moda transportasi massal berbasis listrik yang menggunakan roda karet dan bergerak di atas rel virtual dengan sistem otomatis, kontrol keselamatan, serta sinyal aktif.

 

Autonomous-rail Rapid Transit (ART)
Autonomous-rail Rapid Transit (ART) di IKN Nusantara

ART menggabungkan elemen dari kereta ringan (light rapid transit/LRT) dan bus cepat (bus rapid transit/BRT). Meskipun bentuknya mirip dengan kereta LRT, ART tidak beroperasi di atas rel konvensional. Sebaliknya, ia beroperasi di jalan dengan menggunakan ban yang dipandu oleh jalur yang dikenal sebagai Virtual Track.

 

Virtual Track ini berupa garis-garis di permukaan jalan yang dapat dikenali oleh ART melalui teknologi otomatisasi.

 

Teknologi yang digunakan mencakup Sensor Light Detection and Ranging (LiDAR) dan Global Positioning System (GPS).

 

Sensor pada ART berfungsi untuk mendeteksi lintasan virtual di jalan dan memberikan instruksi melalui unit kendali pusat, sehingga memungkinkan pengemudian tanpa pengemudi.

 

ART adalah sistem transportasi umum yang terdiri dari tiga gerbong dan dapat menampung hingga 300 penumpang dengan kecepatan maksimum 70 km per jam.

 

Sumber tenaga ART berasal dari listrik yang disuplai melalui baterai. Setiap stasiun dilengkapi dengan perangkat pengisian daya cepat. Saat ART memasuki stasiun dan mengirimkan permintaan pengisian daya, perangkat tersebut akan secara otomatis beralih ke mode penyuplai daya.

Arus pengisian daya maksimum dapat mencapai 1000 Ampere, dan dengan pengisian selama 10 menit, kereta dapat menempuh jarak hingga 25 km.


Sumber :

- Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan

- Kompas.com

YH Reporter
YH Reporter Saya adalah Seorang IT dan Penulis, Pernah Bekerja di Instansi Pemerintahan dan Swasta. Sumbangsih kepada Negara dengan mengangkat tulisan di Sektor Wisata sebagai 5 besar penggerak perekonomian Indonesia.

Posting Komentar untuk "Apa itu Autonomous-rail Rapid Transit (ART), Bagaimana Cara Kerjanya"